Hidup yang Saya Inginkan

Dulu saya sempat tertawa sewaktu melihat slogan sebuah hypermarket,“Life, the way I want it”. Kesannya dibuat-buat. Asumsi saya, sepertinya slogan ini hendak menanamkan ide kepada pengunjung bahwa “Anda bisa mendapatkan apa saya yang Anda butuhkan di sini”.

Tentu bisa diartikan lain, seperti kata-kata penyemangat positif, seperti “Anda harus menjalankan hidup persis seperti yang Anda inginkan” dan tidak hanya hidup seperti robot karena diperintah orang lain atau seperti zombie karena Anda tak punya pilihan dan asa dalam hidup ini.

Setiap orang punya interpretasinya sendiri-sendiri. Menurut Anda sendiri, bagaimana? Life, the way I want it. Mungkin pernyataan sederhana seperti itu akan memberikan pertanyaan ketimbang statement semata. Apakah Anda memang sudah menjalani hidup seperti yang Anda inginkan selama ini? Atau kebalikannya, tak puas tapi tak pernah mau dan mampu mengubah hidup Anda. Entah. Hanya diri kita sendiri yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Bagi saya pribadi, saya selalu ‘tertampar’ tiap kali membaca slogan ini. Meskipun saya bisa merasakan bahwa banyak kesempatan dalam hidup saya untuk menjalani hidup ini seperti yang saya inginkan, tetap saja ada waktu-waktu di mana saya tak sungguh benar menapaki hidup ini seperti yang saya dambakan. Dan tentunya selalu saja ada seribu satu alasan untuk mengamini dan semata mafhum terhadap Life, the way I (don’t really) want it but I should do it anyway for reason 1, 2, 3…

Sungguh ini salah satu postingan saya yang cukup berat. Tentang menjalani hidup. Jadi ingat
tulisan mengenai lagu My Way yang saya tulis di bulan Juli dua tahun yang lalu. Hmm. Ingin suatu saat nanti saya berteriak keras-keras dengan penuh semangat kata-kata di bawah ini.

Life, the way I want it!

17 Juli 2012

p.s. terima kasih untuk hypermarket yang sudah susah payah mensosialisasikan slogan yang somehow berguna bagi saya pribadi. Harap dicatat bahwa saya tak hendak mempromosikan hypermarket tersebut atau bekerja di sana.

Tinggalkan Balasan

