Sudah Cukup Berjalan-jalan?

Sebuah pertanyaan baru saja muncul. Apakah saya sudah merasa cukup dengan travelling? Hmm. Sudah cukup untuk sementara ini. Itu jawaban saya kepada diri saya sendiri.

Saya merasa bahwa dalam kurun waktu lima tahun ini, saya cukup beruntung karena bisa melancong ke negara-negara yang sebelumnya hanya bisa terbayang di benak. Coba ulik blog saya, banyak tulisan yang berhubungan dengan jalan-jalan. Mungkin tak sebegitu banyak dibanding orang lain. Namun untuk saya sendiri, pengalaman melihat beberapa kota-kota dunia sudah melebihi impian saya.

Apakah berarti sudah tidak ada keinginan lagi untuk jalan-jalan ke kota dan negara lain? Tentu tidak. Jelas keinginan itu masih ada. Masih banyak tempat yang belum saya kunjungi yang ada dalam daftar impian saya. Seperti Barcelona dan Taipei. Daratan Eropa pun belum pernah saya tapaki. Juga ada kota yang menurut saya masih misterius seperti Seoul. Itupun masih ditambah dengan kota-kota yang menurut saya layak untuk dikunjungi lagi seperti Kyoto dan San Franscisco. Dua kota yang menurut saya awesome! Saya kangen untuk ke sana lagi bila ada kesempatan.

Hanya saja, rasanya sudah waktunya untuk meraih keinginan yang lain. Rumah. Itu yang saya dambakan. Rumah di kota, yang entah kenapa, tiba-tiba sangat saya rindukan. Tentu keinginan tersebut harus diwujudkan dengan kerja keras. Tak bisa instan. Mengapa rumah? Sepertinya ada alasan sentimentil di sini. Sudah lelah saya hidup mengontrak apartemen di perantauan. Lagipula, setiap kali jalan-jalan, selalu ada pertanyaan, “pulang ke rumah (yang bukan rumah)?”

Saya masih ingat bahwa bertahun-tahun yang lalu, sebelum merantau, banyak yang menganggap saya ‘orang rumahan’. Ada benarnya memang. Tapi kemudian ada yang mengatakan pada saya, “nantinya bakal tinggal jauh dari rumah”. Benar juga. Hanya saja, saat ini saya merindukan untuk merasakan hangatnya suasana rumah di kota kelahiran saya, Yogyakarta. Saya ingin pulang rumah…

Tinggalkan Balasan

