Sakelar Pikiran

Otak itu lucu. Seperti channel televisi yang siarkan banyak acara. Ada yang melodramatis, suka-suka ceria, serius, tebak-tebak buah mangga atau yang rasa nano-nano. Entah kenapa, sesuatu kondisi bisa membuat orang mengubah state of mind-nya. Boleh jadi menangis tersedu-sedu lalu semenit kemudian tertawa terbahak-bahak. Semuanya tergantung dengan yang saya sebut ‘sakelar pikiran.

Banyak orang sependapat bahwa sakelar pikiran itu ya tergantung situasi dan kondisi sekitar. Tak mungkin kita bisa mengubahnya sendiri. Namun, ada beberapa orang yang lebih percaya bahwa diri mereka sendiri yang bisa memutuskan dan mengganti sakelar pikiran mereka sendiri; tak tergantung dengan sekelilingnya.

Saya sendiri berpikir bahwa dua-duanya memang ada di dunia ini. Orang yang biasanya lemah akan berpikir seperti ide yang pertama. Sedangkan orang yang kuat bakal berpikir seperti ide yang kedua. Tak banyak orang yang bisa memiliki kekuatan untuk memilih sakelar pikiran mereka. Hanya saja terbukti bahwa orang-orang seperti ini adalah orang yang memiliki hidup yang lebih bahagia, lebih sukses dan lebih tahan banting.

Bila saya merunut diri saya, kok saya akhir-akhir ini jarang bisa mengubah sakelar pikiran saya sendiri. Kala mendung, saya ikut gloomy. Ada guntur, saya pun ketakutan. Badai datang, saya pilih duduk diam menyerah. Padahal sakelar pikiran bisa diganti sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan.

Pagi ini saya merasa seperti sedang menonton sinetron yang menye-menye. Lemas rasanya. Entah mengapa, saya coba berdiam sebentar lalu mencoba mengubah channel-nya ke ‘film biru’ sambil membayangkan yang adegan yang syur. Yang tadinya seperti bunga yang layu sekarang menjadi bunga yang mekar. Mungkin karena ada suntikan gairah. Lalu saya ubah ke acara silat yang semangat. Jadi saya pun langsung bangun dan bersih-bersih kamar. Kemudian sibuk beraktivitas.

Jadi ya intinya adalah sakelar pikiran. Cukup ganti channel-nya lalu nikmati atmosfernya…

~ sepertinya sejenis omong-kosong di siang bolong ~

Iklan

One Reply to “Sakelar Pikiran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s