Selalu Saja Orang yang Berbaik Hati

Kemarin boleh dibilang hari yang melelahkan. Tak hanya fisik namun juga pikiran. Sepertinya hidup terasa lebih pahit dari kopi hitam tubruk. Dan biasanya dalam situasi seperti itu, ‘monster’ dalam diri saya berupaya menghadirkan ‘dark force‘. Hidup kan susah, ngapain berbaik-baik dengan orang lain. Hanya saja, anehnya, selalu saja ada orang-orang yang hadir untuk menyapa saya dengan tindakan baik mereka yang sederhana.

Seorang ibu yang duduk di samping saya saat di perpustakaan memberi saya beberapa majalah seraya berkata, “semoga Anda selalu sukses dengan hidup Anda”. Sepertinya dia bekerja untuk sebuah lembaga non-profit yang memang bergerak membantu orang yang tertindas, tak mampu dan terpinggirkan. Dia membilang bahwa saya ‘kelihatan seperti orang yang baik oleh karena itu dia memberi saya majalah tersebut’. Baiklah, sayang manggut-manggut saja. Senang mendengarnya terlepas dari entah apa maksudnya.

Sewaktu berjalan seorang pembersih gedung yang mungkin memang bawaannya ramah tersenyum kepada saya. Sederhana saja seperti laiknya orang Asia yang memang suka tersenyum. Hanya saja, yang biasa seperti itu rasanya cukup berharga. Saya pun balas tersenyum.

Kemudian saya pun merasakan keramahan yang hangat kala naik taksi. Biasanya sopir taksi banyak yang rewel atau tampang muka yang masam. Kali ini beda. Sopirnya tak banyak bicara. Namun saat saya membayar ongkos taksi ketika sudah sampai tujuan, sopir tersebut mengucapkan terima kasih sembari berkata have a nice day. Ya tak istimewa amat hanya saja menjadi spesial kala jiwa ini membutuhkan sapaan-sapaan seperti itu. Seperti rusa yang rindukan air di padang gurun… Dramatis? Ya, boleh kan sekali-kali.

Hal sederhana mampu membuat orang lain lewatkan hari yang melelahkan menjadi lebih ringan. Saya jadi terpacu untuk melakukan tindakan baik yang kecil dan spontan namun bisa membuat hidup menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

