Kerja Keras

Akhir-akhir ini saya menyadari bahwa banyak orang bekerja sangat keras. Lebih keras dari yang bisa saya bayangkan dan lakukan.

Mulai dari orang-orang yang bekerja di food center yang selalu sibuk memasak di kios mereka yang panas karena memang kecil dan dekat dengan kompor tanpa ventilasi yang memadai. Para sales person yang berdiri seharian di dekat gedung perkantoran dan stasiun kereta bawah tanah meski kerap ditolak banyak orang. Pengangkut barang yang dengan sigapnya mengantar barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka semua memang bekerja keras dan masih saja memiliki kehidupan yang keras.

Tak jauh beda, para artis yang sering tampil di acara televisi memang kelihatannya berduit dan terkenal namun harus melakukan berbagai aktivitas seharian penuh tanpa istirahat yang cukup. Mulai dari sesi pemotretan, menghadiri talk show, latihan vokal atau tari yang dilanjut dengan shooting berjam-jam. Demikian juga para atlet tersohor peraih medali yang harus berlatih seharian penuh, mengatur makan dengan diet yang tak ramah lidah dan tinggal di dormitory yang peraturannya ketat.

Semua orang bekerja dengan gigihnya. Tak semuanya sukses. Namun mereka terus mencoba tanpa menyerah. Lelah? Tentu saja. Yang mereka punyai adalah visi ke depan. Lagipula, meski kelihatannya hidup mereka ‘sangat melelahkan’, toh, mereka juga menikmatinya. Memahami bahwa apa yang mereka lakukan adalah bagian dari kehidupan mereka. Mereka sudah memilih jalan mereka.

Lalu terbersit sebuah pemikiran. Kalau saja mereka sanggup menjalani tapak hidup yang penuh perjuangan, mengapa saya tak berjuang segigih mereka dan lebih suka mimpi di siang bolong? Apakah saya memang tak minat hidup seperti mereka? Malas?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s