Suasana Pasar di Pagi Hari

Sebenarnya saya termasuk orang yang menyukai aktivitas pagi hari. Suka dengan segarnya udara di awal hari. Banyak enerji positif yang terpancar dari sinar mentari pagi. Sayangnya, akhir-akhir ini jarang bangun pagi. Kesiangan karena tidur cukup larut malam. Namun, pagi ini saya sukses bangun pagi. Bila saya turuti badan untuk berbaring lebih lama di ranjang, pasti kesiangan lagi. Jadi saya putuskan untuk langsung bangun dan berjalan-jalan di luar.

Saya pergi ke Redhill Market. Pasar yang terletak dekat dari tempat saya tinggal. Jarang saya ke pasar pada pagi hari. Hari ini berbeda. Saya melihat banyaknya aktivitas di pasar. Wet market. Ada yang jual ikan, sayuran, dan berbagai kebutuhan dapur. Tak hanya itu, ada juga orang yang berjualan di flea market dan menjual barang bekas berbagai macam. Tentu banyak pembeli yang asyik bertransaksi dengan para pedagang.

Di bagian belakang pasar, ternyata ada pengamen tua yang mainkan gitar modifikasi yang cukup bisa hadirkan melodi yang menghibur. Lalu, ada toko yang menjual keperluan untuk Hungry Ghost Month. Bulan di mana banyak orang, umumnya keturunan Tionghoa, ‘mengirim uang dan barang-barang’ leluhur mereka di alam fana; dengan cara membakarnya disertai serangkaian doa. Barang yang dijual berbentuk seperti uang (mirip dengan uang Monopoly), mobil kertas hingga tas ‘Louis Vitton’ yang juga terbuat dari kertas.

Nah, pergi ke pasar kurang lengkap bila tak menyantap sajian di sana. Satu set breakfast pun saya pesan. Roti bakar kaya, dua buah telur rebus dan teh tarik. Sembari menikmati apa yang terjadi di sekeliling pasar tersebut. Dus saya pun mendengar banyak percakapan sambil lalu. Tak paham dengan yang mereka ucapkan karena kebanyakan dalam Cantonese. Yang jelas kelihatannya mereka bercakap-cakap dengan semangat. Apapun itu.

Saya pun lalu berusaha merangkum apa yang terlihat di pasar pagi itu. Semangat hidup. Itu yang saya tangkap. Mereka sudah melakukan berbagai aktivitas di awal hari. Berusaha secepat mungkin agar semuanya selesai sebelum siang yang terik menggantikan kesejukan pagi hari. Dan rupanya saya tertular dengan semangat hidup mereka. Menyusuri daerah sekitar pasar untuk berjalan-jalan ringan.

Iklan

One Reply to “Suasana Pasar di Pagi Hari”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s