Kehidupan di Hostel

Sebagai penginapan yang menawarkan fasilitas memadai dengan harga yang lebih terjangkau, hostel makin diminati banyak pelancong. Hotel dianggap terlalu mahal yang berimbas pada pendeknya masa tinggal. Dengan pengeluaran untuk akomodasi yang setara, pilihan tinggal di hostel bisa membuat pelancong tinggal lebih lama. Toh, fungsinya sama yaitu untuk beristirahat, bebersih badan dan menitipkan barang.

Namun jelas ada bedanya. Hotel menawarkan privasi karena penginap mendapatkan kamar untuk dirinya sendiri atau sekaligus teman seperjalanannya. Hostel di lain sisi, menyediakan kamar yang bisa diisi oleh sekian banyak penginap. Beragam dari 2, 4 hingga yang mencapai jumlah belasan. Lumayan nyaman tergantung dengan siapa saja yang menginap di tempat tersebut. Kalau sedang buntung, ya susah tidur.

Hostel umumnya memiliki ukuran bangunan yang kecil. Tak sepadan dengan jumlah penginap. Imbasnya tentu susah bergerak. Terlihat di mana-mana penuh. Termasuk tempat makan dan tempat mandi. Jumlah penginap terlalu banyak kadang ditambahi dengan penginap yang kurang mau memahami peraturan hostel. Akibatnya, ada penginap lain yang terganggu. Boleh jadi akan bersinggungan dan menimbulkan sedikit masalah.

Ada satu hal yang tak ditawarkan oleh hotel. Yaitu interaksi yang cukup dekat antara staf hostel dan antar pelancong yang umumnya normal hadir di hostel. Saling tukar informasi, percakapan yang menarik hingga pertemanan menjadikan tinggal di hostel menjadi berwarna. Berbagi ruang yang berarti berbagi pengalaman. Hanya saja, berbagi ruang dan berbagi pengalaman mensyaratkan individu untuk bisa saling menaruh percaya. Tentu saja tak asal percaya.

Hostel menawarkan pengalaman tinggal yang berbeda. Kurangnya fasilitas yang sepadan dengan jumlahan uang yang dibayarkan, ditambahi dengan pengalaman bertemu banyak orang mungkin menarik bagi banyak orang. Tapi tak semua orang bisa cocok tinggal di hostel. Tergantung masing-masing individu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s