Travel Blogger

Siapa saja bisa menjadi blogger. Tinggal buka akun baru di WordPress atau Blogger. Lalu posting sebanyak-banyaknya. Kemudian bisa melakukan beberapa perjalanan dan menuliskannya di blog. Tiba-tiba bisa mengklaim menjadi travel blogger. Sesederhana itukah?

Ya. Hanya saja tidak semua pelancong yang suka blogging bisa menghasilkan blog perjalanan yang enak dan berguna untuk dibaca. Asal-asalan isinya, tidak beraturan, jarang diperbarui dan seadanya saja. Ada yang baca? Tentu saja. Namun hanya sekedar orang yang lewat atau tak sengaja menemukannya. Tak menjadi pembaca setia.

Saya juga ingin bisa membuat blog yang berisi tentang informasi perjalanan. Namun saya masih mempertimbangkannya. Apakah saya bisa memberi komitmen kepada blog tersebut? Sungguh-sungguh atau hanya karena ikut-ikutan semata? Lalu, ini bagian yang menohok, bila saya bisa membuatnya, untuk apa saya melakukannya? Ada gunanya atau tidak untuk kehidupan saya pribadi.

Oleh karena itu, tadi saya sempatkan browsing seperti apa travel blogger yang baik. Saya temukan tiga blog perjalanan yang menarik. Take Your Big Trip, Round We Go, dan Backpackology. Semuanya memberikan gambaran tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sama-sama memiliki tujuan untuk berbagi perjalanan yang menginspirasi orang lain. Dan mereka serius untuk terus memutakhirkan blog mereka secara berkala.

Salut untuk blog-blog tersebut. Berani melakukan perjalanan. Berani memulai berbagi di blog. Keberanian yang memberikan inspirasi bagi mereka yang belum berani untuk melangkah lebih jauh untuk melakukan perjalanan dan membaginya dalam bentuk blog.

Tinggalkan Balasan

