Nick the Explorer

Bukan saudaranya Dora the Explorer. Nick adalah seorang pengelana dunia dari kota Manchester, Britania Raya. Paruh baya, wajah sekilas mirip Sean Connery si pemeran James Bond, hanya saja akses Inggrisnya tak begitu kentara, dan tubuh yang meski tak kekar tapi sehat. Tadinya saya pikir dia londo kere yang jalan-jalan di seputaran Asia untuk melepas bosan. Ternyata tidak. Jauh dari asumsi saya semula.

Dia bercerita bahwa dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya. Tujuannya jelas. Dia ingin melakukan perjalanan keliling dunia mumpung dia masih bisa melakukannya. Dia baru saja kelar menjelajahi benua Afrika. Lalu mengunjungi beberapa negara di Asia dan transit di Singapura untuk kemudian menuju benua Australia. Setelah itu, Amerika Selatan akan menjadi tujuan berikutnya. Rentang waktu jalan-jalannya pun tak pendek. Satu setengah tahun untuk menapaki Bumi dari arah Barat ke Timur. Sungguh-sungguh seorang globetrotter.

Dia hanya membawa tas ransel seadanya. Namun pasti persiapannya pasti tidak sesederhana itu. Tabungan yang memadai untuk perjalanan setahun lebih, kesehatan yang prima, wawasan perjalanan yang luas, dan pengalaman dari berbagai perjalanan sebelumnya. Yang pasti, dia pasti memiliki keberanian dan tekad yang kuat. Berpindah dari satu negara ke negara lainnya, bertemu dengan puluhan orang, dan menikmati ragam budaya yang berwarna-warni.

Tak terbayang bagaimana seseorang seperti Nick merencanakan dan mengatur keseluruhan perjalanannya. Kemudian baru kembali ke kotanya setelah sekira 18 bulan. Saya sanggup melakukan perjalanan selama maksimal dua minggu. Tapi 18 bulan? Bagai langit dan bumi bedanya. Yang jelas, Nick the Explorer tak menjadi pengelana dunia tiba-tiba. Ada proses gradual yang membuatnya mampu melakukan perjalanan yang sungguh mengesankan itu. Suatu bentuk kehidupan yang fantastik. Bikin iri sekaligus inspiratif.

Untuk Nick, saya ucapkan terima kasih sudah memberi secuil inspirasi. Good luck untuk perjalanan Around the Globe!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s