Perangkat itu Bernama Jam

Alat untuk mengetahui detik, menit dan jam itu bernama Jam. Bentuknya bermacam-macam sesuai keberadaannya. Jam tangan, jam meja atau jam dinding. Sekarang ini juga sudah jamak memakai ponsel pintar untuk melihat jam.

Saya punya rasa ketertarikan dengan jam saku. Jam yang biasanya memiliki rantai untuk ditautkan di baju. Biasanya jas. Seperti di film-film tempo doeloe. Dipikir lebih jauh, rasanya tak berguna karena jam tersebut tak praktis. Toh, ada jam tangan. Dan jam tangan pun sekarang bisa digantikan dengan jam di ponsel.

Sampai sekarang saya masih setia memakai jam tangan Alba sederhana pemberian dari kantor tempat saya bekerja. Meski kadang tertarik untuk membeli jam tangan baru yang mencuri hati saya karena desainnya yang apik dan mengesankan. Di samping itu, saya masih memiliki jam tangan baru yang tak pernah saya gunakan. Begitu pula jam tangan lawas kepunyaan bapak saya yang termasuk jam kinetik yang harus disinkronkan tiap saat; yang tak dipakai karena pengikatnya sudah rusak berat.

Omong-omong tentang desain jam tangan, saya menyukai jam tangan yang desainnya sederhana. Memperlihatkan angka, baik dengan angka Latin atau Romawi, dengan jelas. Dengan form factor yang tipis dan ringan. Dengan pengikat tangan terbuat dari metal, bukan dari bahan kulit yang bikin keringat dan bisa berjamur. Merek tak jadi soal. Yang penting sederhana. Bukan jam tangan yang sensasional atau menonjol karena glamor.

Bila ditanya alat apa yang paling sering saya pakai untuk melihat waktu, saya bisa memastikan bahwa saya paling sering menggunakan iPhone tua saya. Fitur gratis yang bisa digunakan kapan pun saya perlu. Lama-lama saya makin jarang melihat jam dari jam dinding atau jam tangan.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda masih memakai jam tangan? Sering melihat waktu dari jam meja atau jam dinding?

Tinggalkan Balasan

