Bahasa Inggris dan Sains

Sebuah artikel bertajuk Hapus Bahasa Inggris dan Sains agar siswa SD punya soft skill membuat saya mengelus dada. Bagaimana bisa dua mata pelajaran tersebut dihilangkan dari kurikulum pendidikan? Banyak orang bahkan segera berkomentar bahwa apa yang dikatakan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sangat ngawur. Soft skill jelas penting bagi pendidikan siswa. Namun apakah harus meniadakan Bahasa Inggris dan Sains?

Coba lihat di banyak negara lain di mana soft skill diajarkan oleh orang tua masing-masing, lembaga keagamaan yang dianut masing-masing siswa, dan tentunya lingkungan sekitarnya. Jadi bukan melulu tanggungjawab sekolah.

Justru dengan menghilangkan pelajaran bahasa asing yang jamak digunakan oleh kalangan internasional dan bisa dipakai untuk menyerap ilmu dalam bahasa asing; justru menghambat kemampuan siswa berinteraksi dengan dunia global dan mendapat berbagai ilmu yang berguna.

Sedangkan pelajaran sains justru merangsang siswa untuk mengulik lebih banyak tentang fenomena di alam semesta. Lagipula banyak cabang ilmu yang memerlukan pondasi yang kuat di pengetahuan sains.

Alih-alih membuat siswa mendapatkan lebih banyak soft skill, sekolah-sekolah malah bisa membuat anak muridnya menjadi gagap ketika berbicara dengan orang asing dan terlambat untuk mengembangkan minat terhadap sains. Mau dibawa ke mana generasi anak muda? Sekedar menjadi tenaga kerja bagi pabrik-pabrik Penanaman Modal Asing? Pembantu yang dikirim ke negara-negara lain? Sungguh mengherankan bagaimana ada pejabat negara bisa membuat proposal kebijakan yang kurang nalar. Mungkin karena lemah di pelajaran sains.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s