Rencana Tata Kota

Dari sekian banyak kota di dunia, ada kota-kota yang memang dirancang dengan matang jauh hari sebelum kota tersebut dibangun, dihuni, dan berkembang. Tak harus kota baru yang usianya di bawah 5 tahun. Ada beberapa kota tua, umurnya sudah puluhan tahun, yang dulunya memang tak pernah ada sama sekali. Kota-kota yang memang dirancang dari awal.

Majalah Wired menampilkan foto aerial tata kota dari kota yang terencana tersebut dari udara. Salah satunya Brazilia, Brazil. Indah memang. Meski tak selalu berarti bahwa pengembangannya tetap teratur, toh, sudah ada cetak biru yang memudahkan eksekusi infrastruktur yang dibutuhkan sejak semula. Coba bayangkan bila dari pemandangan sudah berantakan, lebih mungkin bila infrastrukturnya lebih berantakan.

Mengingatkan saya dengan kota Yogyakarta. Penguasa jaman dulu sudah merencanakannya dengan baik. Keraton sebagai pusat kota. Kemudian lahan-lahan sawah. Berbatasan dengan gunung, sungai dan lembah. Hanya saja, pembangunan yang pesat dan kurangnya pengetahuan akan ilmu tata kota membuat Yogyakarta berkembang tak teratur. Kesannya semrawut.

Padahal bila dilihat dari atas udara, terlihat alur pembagian model grid yang simetris. Seperti kota tua yang saat itu termasuk modern. Sayangnya, developer begitu bersemangat berlomba membangun berbagai perumahan dan bangunan tanpa memperhatikan lagi tatanan yang sebenarnya sudah tertata apik.

Alhasil sekarang sudah cukup susah untuk menata kembali kota Yogyakarta. Hanya tambal sulam yang tetap saja tumpang tindih. Tak jelas. Yang jelas sudah ramai dan macet di mana-mana. Membuat saya kangen dengan Yogya dua dekade yang lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s