Majapahit, Negara Maritim?

Boleh juga sebuah artikel dari Kompas.com yang bertajuk Majapahit Negara Maritim, Apa Buktinya?. Jadi ingat dengan sebuah lagu yang menyatakan ‘nenek moyangku seorang pelaut’. Ditambahi lagi dengan artikel yang mengemukakan Indonesia sekarang ini adalah masa depan Majapahit. Tambah menarik jadinya.

Sungguh, sebagai seseorang yang tertarik untuk mengulik sejarah dan budaya dunia, saya kurang tertarik dengan sejarah dan budaya sendiri. Mungkin karena dulu saya mempelajarinya sebagai bagian dari tugas sekolah. Disampaikan dengan cara yang paling membosankan yaitu dihapalkan. Tanpa ada ilustrasi bagaimana logika pembentukan sejarah itu. Paling hanya ingat tokohnya tapi ya hanya sebagai deretan nama. Tanpa ada ketertarikan mengenai karisma mereka, karakter yang membuat mereka menjadi sedemikian heroik, dan siapa sih sebenarnya mereka itu.

Berbeda dengan sejarah dunia yang saya pelajari sendiri melalui Internet, buku dan diskusi. Lebih menarik karena tak ada keharusan harus benar-benar hapal.

Sepertinya pendidikan sejarah bangsa dan tokoh-tokohnya harus kembali ditekankan di tanah air. Toh, pembelajaran tersebut akan meningkatkan rasa cinta akan bangsa dan leluhur. Tak sekedar hapal deretan nama saja.

Kembali ke Majapahit, hmm, mulai menarik nih kelihatannya… Langsung ke TKP!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s