Headhunter

Apakah Anda pernah bertemu dengan para headhunter? Tentu bukan para pemburu kepala yang berada di daerah pedalaman yang sangat bengis. Yang saya maksudkan, para headhunter dari biro pencari kerja. Mereka yang pekerjaannya mencari orang-orang yang memiliki kemampuan kerja yang sesuai dengan yang diinginkan oleh klien mereka. Bila mendapat orang yang sesuai, mereka akan dapatkan komisi.

Tentu saja, mereka akan mencari dan mewawancarai orang-orang. Mereka tak harus mencarikan kerja. Namun mereka selalu bilang mereka adalah partner dalam kesuksesan orang-orang yang mereka wawancarai. Dalam bahasa kasarnya, “kesuksesan mereka adalah saat berhasil ‘menjual’ pencari kerja ke klien mereka”. Jadi jasa mereka lebih seperti sales ketimbang konsultan pencari kerja.

Mereka bisa sangat ramah terhadap orang yang memiliki pengalaman kerja yang mantab dan dicari banyak perusahaan. Namun di sisi lain, mereka bisa sangat ‘dingin’ terhadap mereka yang tak terlalu berpengalaman dan sangat membutuhkan pekerjaan. Maklum, mereka bisa ‘menjual’ bila barang jualan mereka bermutu tinggi. Bukan, begitu?

Pekerjaan yang unik. Itu pikir saya. Seperti makcomblang. Bukan untuk mereka yang ingin pasangan dan merajut asmara. Namun bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan pencari kerja yang memerlukan tempat berkarya.

Hanya saja, setiap kali bertemu dengan para headhunter, saya selalu mendapat kesan bahwa mereka sangat ‘dingin’. Sepertinya kepala tiap orang yang mereka temui ada harganya. Ada nominal yang terlihat meski tak kasat mata. Ada perasaan yang tak nyaman. Bukan dihakimi. Lebih tepatnya, dinilai.

Iklan

4 Replies to “Headhunter”

  1. Hi there would you mind letting me know which web host you’re working with? I’ve
    loaded your blog in 3 completely different internet browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.

    Can you recommend a good internet hosting provider at a reasonable price?
    Cheers, I appreciate it!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s