Bersyukur

Untuk hal yang satu ini, saya amini bahwa saya kurang bersyukur. Lebih sering mengumpat dan protes mengapa kondisi sementara ini tak juga menunjukkan perubahan. Statis. Padahal bila ditarik ke belakang, ada banyak hal yang seyogyanya saya syukuri. Banyak warna yang diberikan oleh kehidupan ini. Tentu atas kebaikan Sang Empunya Kehidupan di atas sana.

Apa sih yang bisa saya syukuri? Pertama, kesehatan. Meski badan tak atletis dan sering didera oleh flu berkepanjangan, toh sejauh ini baik-baik saja. Bisa menjalani hidup dengan normal. Tak terlalu fit ya memang karena salah sendiri karena jarang berolahraga dan tak begitu baik menjaga asupan makanan. Baru saja saya sembuh dari flu setelah mengonsumsi pengobatan tradisional Cina. Mahal memang. Tapi bersyukur bahwa saya masih bisa menyembuhkan diri saya sendiri.

Kedua, finansial. Meski tak kaya. Bahkan cenderung harus memperketat ikat pinggang keuangan pribadi. Namun masih bisa memberikan kehidupan yang layak untuk bertahan hidup. Masih bisa terbang ke sana dan kemari. Lumayan bisa makan dan minum secukupnya. Rajin menabung memang selalu menyelamatkan kondisi keuangan.

Ketiga, saya masih punya potensi untuk bekerja. Entah bagaimana, toh bila memiliki kemampuan pasti bisa menjadi uang atau menghasilkan sesuatu. Masih mencoba dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Sedangkan lain-lainnya juga cukup bisa disyukuri. Hubungan dengan sesama manusia juga masih berjalan dengan baik. Masih bisa bernafas setiap harinya. Bisa menikmati makan minum. Dan melakukan banyak hal yang saya inginkan. Jadi, meski kondisinya tak benar-benar memuaskan seperti yang saya inginkan, rupanya juga tak jelek-jelek amat. Bersyukur memang perlu. Berharap dan benar-benar berjuang juga sangat dibutuhkan.

Semoga besok hari lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

