Shirakawa dan Hakodate

Entah mengapa, dua tempat di Jepang ini cukup menghantui saya. Ingin sekali pergi ke sana namun belum kesampaian. Hanya nyaris. Sayang tak cukup waktu untuk benar-benar mengunjungi tempat itu. Dua tempat itu adalah Shirakawa dan Hakodate.

Shirakawa, yang lebih terkenal sebagai sebuah dusun di Prefektur Gifu, menawarkan dusun bersejarah Shirakawa-go dengan rumah tradisional yang dikenal dengan nama gassho-zukuri. Bentuknya mirip orang yang mengatupkan kedua tangannya untuk berdua. Ingin tahu lebih banyak? Coba ulik situs resminya di Shirakawa village office. Tempat itu tak jauh sebenarnya dari kota Osaka. Hanya saja, bila hendak ke sana rasanya kurang mantab bila tak menginap di rumah tradisionalnya. Oleh karena itu, saya urung pergi ke sana. Sengaja dilewati.

Berbeda dengan Hakodate, saya sempat duduk di Stasiun Hakodate. Sekejap saja. Cukup untuk transit ke kereta berikutnya yang membawa saya ke Sapporo di mana saya pas tepat pada waktunya untuk melakukan Hanami, melihat bunga Sakura. Juga menyempatkan diri untuk membungkus beberapa kotak Jaga Pokkuru untuk oleh-oleh. Mengapa tidak tinggal di Hakodate barang sehari atau dua? Sepertinya saya sudah cukup kelelahan setelah sekira 10 hari di Jepang, berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Pun saya tak menemukan tempat tinggal yang akomodatif di Hakodate. Padahal rencana saya, saya ingin sekali melihat salah satu pemandangan terindah di malam hari, yaitu Hakodate di malam hari.

Meskipun begitu, tak mengapa bila memang saya melewatkan dua tempat itu. Toh, justru menjadi sebuah alasan yang menarik bila suatu waktu bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi Jepang. Suatu hari nanti di masa depan. Ada sesuatu yang dinanti dan masih diharapkan. Untuk saat ini, biarlah dua tempat itu menghantui saya. Selalu muncul dan mengatakan ‘datanglah ke sini’.

Shirakawa dan Hakodate, aku akan berkunjung ke sana suatu hari nanti… Tunggu saja tanggal mainnya.

2 Replies to “Shirakawa dan Hakodate”

Tinggalkan Balasan

