Lakukan Sebelum Terlambat

Beberapa hari yang lalu, saya berjumpa dengan seorang jurnalis freelance dari Kota Amsterdam yang sudah berkelana di banyak tempat sekira lima tahun. Yang membuat saya salut kepadanya karena dia sosok yang rendah hati dan simpatik; tak sombong meski sudah memiliki banyak pengalaman.

Dia juga tak segan berbagi cerita. Tentang kota-kota yang dia sukai, makanan khas, menyoal orang-orang yang dia jumpai. Jelas bahwa dia menyukai apa yang dia temui dalam perjalanannya. Sembari menulis artikel reportase mengenai berbagai topik yang dia kirimkan ke berbagai media.

Satu hal yang membuat saya ingat kepadanya adalah frasa “please go, before it’s too late“. Dia mengatakan itu untuk menekankan bahwa kota-kota yang dia kunjungi suatu hari nanti akan berubah. Entah karena pembangunan atau makin banyak turis yang datang. Jadi ya kunjungi sekarang juga sebelum tempat tersebut kehilangan karakternya.

Frasa itu cukup menohok. Benar juga. Before it’s too late. Mumpung masih sempat. Masih muda. Masih ada waktu dan tenaga. Menunda hanya akan menambah daftar hal yang boleh jadi disesali suatu hari nanti.

Dan ketika saya menengok ke belakang, saya ingat dengan sebuah percakapan dengan seorang teman menyoal “haruskah saya pergi ke Jepang atau menundanya” satu tahun yang lalu. Argumennya singkat “Jepang tidak akan kemana-mana, lebih baik menabung saja”. Ada benarnya. Namun, di satu sisi, saya tak akan tahu berapa lama saya akan hidup. Akhirnya, saya memutuskan untuk menikmati musim semi di Jepang. Tak hanya itu, saya pun cukup beruntung untuk melakukan Hanami. Aktivitas untuk menikmati indahnya bunga Sakura yang mekar di Sapporo.

Coba bila saat itu saya memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan itu, saya tidak akan pernah memiliki memori yang indah saat Sakura mekar. Terutama saat ini, di mana saya melihat foto-foto di Facebook yang memperlihatkan mekarnya Sakura di Jepang di musim semi.

Just do what you need to do. Before it’s too late!

p.s. terima kasih untuk Andre, pengelana dari Amsterdam untuk frasa before it’s too late.

Tinggalkan Balasan

