Arab Saudi Kaya, Rakyatnya Miskin

Arab Saudi dikenal sebagai negara kaya. Maklum, kaya minyak. Cukup dengan menjual ’emas hitam’ tersebut, Negeri padang gurun itu bisa meraup banyak keuntungan. Cadangan minyaknya pun masih banyak hingga beberapa turunan. Jadi negerinya makmur?

Pemimpinnya tentu saja kaya raya. Namun menurut berbagai pemberitaan, seperti yang diberitakan oleh Republika, 60 persen rakyatnya dalam keadaan yang menyedihkan. Tidak kaya. Namun justru miskin karena selain miny ak, tidak banyak usaha atau bisnis yang bisa dilakukan di sana. Sedangkan mereka yang bisa mendapat untung dari minyak hanyalah raja, keluarganya, dan jaringan bisnis mereka. Segelintir orang-orang super kaya inilah yang bisa berpesta-pora dan hidup foya-foya.

Sayang sekali, bukan? Coba saja bila minyak bumi dianggap sebagai sumber daya strategis yang dikelola negara. Keuntungan yang diperolehnya bisa dipakai untuk membiayai operasional pembangunan infrastruktur. Termasuk membantu warganya yang tidak mampu dengan menyediakan pendidikan yang lebih terjangkau, subsidi kesehatan, dan penyediaan modal usaha dan kerja.

Pasti mampu. Daripada uangnya dipakai untuk membangun gedung pencakar langit yang sangat terkenal. Namun dibalik itu, rakyatnya hidup dalam kondisi melarat di rumah-rumah yang tak layak huni. Ada kontras di sana yang terasa pahit. Pemimpinnya bergelimang harta sedangkan rakyatnya kelaparan tak berdaya.

Iklan

One Reply to “Arab Saudi Kaya, Rakyatnya Miskin”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s