Latah Posting Berita Heboh di Jejaring Sosial

Sebenarnya banyak orang bermaksud baik dengan memasang kutipan atau tautan berita mengenai sesuatu yang cukup dramatis di jejaring sosial. Merasa perlu membagi kabar kepada teman-teman di beranda virtual tersebut. 

Anehnya, malah lama-lama terasa seperti latah. Menjadi yang nomor satu untuk mengunggahnya di linimasa jejaring sosial. Dengan begitu ada begitu banyak RT untuk Twitter atau Like untuk Facebook. Begitu juga dengan komentar yang muncul berikutnya. 

Ada berita gempa. Pengeboman. Pesawat jatuh. Hingga yang tak terlalu penting seperti sesosok eyang atau pedangdut tersohor. Sepertinya asal tergolong menghebohkan maka layak disebar di Facebook dan Twitter. 

Hasilnya, linimasa pun penuh dengan pemberitaan yang lebih kurang sama. Jadi bikin malas untuk mengulik Facebook, misalnya, yang saya pakai untuk mengetahui kabar teman dan keluarga. Malah melihat ada berita-berita yang juga muncul di berbagai media massa. Ada tumpang tindih yang membuat amplifikasi berita tersebut. 

Banyak hal yang penting yang perlu dibagi. Tidak hanya tragedi, polemik, dan opini yang harusnya bisa diasup diluar jejaring sosial. Tapi, ya gimana lagi, namanya juga tempat ngobrol virtual, apa yang diomongkan pun sama dengan apa yang diperbicangkan di luar jejaring sosial. 

Iklan

2 Replies to “Latah Posting Berita Heboh di Jejaring Sosial”

  1. Nah, yang lebih parah lagi Mas, entah mengapa aku merasa ‘berita’ yang disebar lewat facebook atau BBM itu belum tentu benar! Dulu pas pulang Indo sempat dengar tentang ‘kerupuk dibakar jadi item karena mengandung plastik’ >.< Padahal, kerupuk yang biasa pun dibakar jadi item.. tapi beritanya heboh banget disebar ke mana-mana

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s