Negara yang Tidak Punya Kesusahan

Rumput tetangga sepertinya jauh lebih hijau.

Banyak orang berasumsi seperti itu. Tidak tahu bila tetangga memiliki pikiran yang sama saat melihat rumput kita. Setali tiga uang dengan komentar yang muncul saat melihat negara sendiri yang ramai dengan hiruk-pikuk. Sembari memuja dan memuji negara lain yang kelihatannya jauh lebih segalanya. Lebih modern, aman, indah, menyenangkan. Intinya, negara lain mungkin tak punya kesusahan.

Tentu saja itu hanya ilusi belaka. Harus melihat faktanya. Negara lain pun punya tantangan yang tak kalah beratnya. Justru ada yang lebih menderita dibandingkan tanah air. Korea Selatan terancam diserang oleh Korea Utara. China yang mendadak kaya raya punya ancaman limbah dan polusi. Jepang dengan stagnasi ekonomi yang berbanding dengan usia mayoritas penduduknya yang menua dan beruban. Belum lagi negara-negara Eropa yang pailit, berbagai negara di Afrika yang tak henti-hentinya berperang, dan negara di kawasan Arab yang selalu bergolak.

Mungkin hanya negara-negara kecil saja yang tingkat kesusahannya minimal. Jumlah penduduk yang kecil otomatis memiliki masalah yang lebih sedikit. Tak berarti bahwa mereka tak memiliki masalah. Memiliki jumlah penduduk yang lebih besar juga bisa menjadi alasan klasik bahwa ‘banyak masalah itu wajar’. Yang pasti, hanya negara utopia saja yang tak memiliki masalah. Malah masalahnya adalah mereka tak bisa menemukan masalah di negaranya. Aneh, kan?

Memiliki masalah besar atau kecil itu sudah pasti. Yang paling berarti sepertinya memiliki harapan, percaya diri bahwa bisa menyelesaikan sumber kesusahan tersebut, dan memiliki semangat juang yang tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s