Blogwalking

Dulu sekali itu, saat jamannya blog masih baru dan hangat, banyak yang memberikan waktu untuk blogwalking. Mengunjungi, melihat, dan membaca blog-blog tetangga yang menarik perhatian dan minat. Bila cukup senggang, para blogger bisa saling memberi komentar. Blog-blog tersebut menjadi hangat dan ramai dengan percakapan virtual lewat papan komentar. Saling membagi cerita, informasi, dan opini.

Sayangnya, jaman mulai berubah saat muncul Facebook, Twitter, dan berbagai jejaring sosial virtual lainnya. Yang tadinya produktif dengan blogging lama-lama menjadi pasif yaitu scrolling, liking, following linimasa orang lain. Banyak blog mulai tak terurus. Makin sedikit postingan baru. Ramainya berkurang. Hanya mereka yang memang setia dan suka menulis yang terus menambah isi blognya dengan berbagai segi kehidupan yang unik dan menarik.

Dengan kesibukan mengasup jejaring sosial virtual, blogwalking menjadi aktivitas yang tak sepopuler dulu. Maklum karena orang-orang yang sama, yang dulunya rajin memperbarui blognya, lebih terpaku bersosialisasi di Facebook dan Twitter. Bisa komentar dengan lebih cepat. Banyak gambar yang menarik. Juga bisa membagi tautan, gambar, dan video dengan lebih praktis.

Blogwalking sudah mati? Tentu saja tidak. Banyak blogger yang menaruh tautan postingan mereka di jejaring sosial. Yang kemudian dikunjungi karena ditemukan lewat tautan tersebut. Aktivitas saling mengunjungi blog juga tak benar-benar mati karena masih banyak orang yang masih suka membaca blog tetangga. Pun saya pun juga suka melihat-lihat blog orang lain hingga sekarang. Masih banyak postingan berharga yang saya temukan di banyak blog, baik yang sudah dari dulu ada atau yang baru.

Bagaimana dengan Anda, masih blogwalking?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s