Menerjemahkan itu Permainan Mental

Kebanyakan orang yang awam dengan dunia penerjemahan menganggap bahwa proses menerjemahkan itu tak susah. Mudah dan sudah seharusnya ongkosnya murah. Duh!

Menerjemahkan itu perlu pemahaman yang benar, ketelitian, dan mahir dalam memakai kedua pasang bahasa yang berbeda. Perlu mental yang kuat. Terbukti bahwa tak semua orang mampu menyelesaikan materi terjemahan. Oleh karena itu ada suatu profesi yang bernama penerjemah. Membantu orang untuk menerjemahkan.

Bahkan tak semua penerjemah mampu menuntaskan pekerjaannya. Ada yang menyerah di tengah. Begitu juga yang asal-asalan mengerjakan karena sudah tak lagi betah.

Namun banyak juga penerjemah profesional yang benar-benar mengerjakan dan menyelesaikan proses penerjemahan dengan sempuran. Tak mudah, makan waktu, dan membutuhkan pemikiran mendalam. Toh, mereka memang punya integrasi sehingga mampu dan mau memberikan hasil terjemahan yang terbaik yang bisa mereka berikan.

Menerjemahkan itu bukan suatu hal yang bisa dikerjakan semua orang. Hargailah penerjemah. Sebabnya sederhana, menerjemahkan itu permainan mental. Ada stres di sana. Ada juga rasa penasaran saat belum bisa menemukan padanan kata yang tepat. Ada rasa tertekan saat pekerjaan belum selesai meskipun mendekati waktu yang disepakati.

Bagi para penerjemah, semoga tetap bermental kuat sehingga bisa menuntaskan proses terjemahan dengan sempurna dan tepat waktu.

Iklan

2 Replies to “Menerjemahkan itu Permainan Mental”

  1. setuju banget dengan tulisan ini. menerjemahkan itu tidak semudah anggapan kebanyakan orang (yang bukan penerjemah). dulu, sebelum aku betul-betul jadi penerjemah, aku pikir, menerjemahkan itu santaaaiii…. tapi sekarang, aku tidak bisa bilang begitu. butuh ketekunan. butuh rasa bahasa yang senantiasa tajam. butuh kemauan untuk terus belajar.

    salam kenal. :)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s