Markdown

Markdown merupakan sebuah aturan bahasa sederhana yang memfasilitasi orang supaya bisa mengetik dan membaca sebuah format teks yang plain; yang kemudian bisa diubah menjadi struktur HTML. Biasanya digunakan oleh penulis konten online. Markdown diciptakan oleh John Gruber.

Mengapa harus Markdown? Sederhana. Itu alasannya. Kecenderungan untuk menampilkan format teks yang beragam dan menarik mulai ditinggalkan karena format teks seperti itu sering tidak kompatibel saat ditampilkan di perangkat atau sistem operasi yang berbeda.

Penulisan teks dengan Markdown juga mampu meningkatkan kecepatan mengetik tanpa harus meluangkan banyak waktu untuk menyunting formatnya. Penulis hanya menggunakan aturan bahasa sederhana untuk menampilkan huruf tebal, miring, atau beberapa variasi sederhana lainnya.

Bila ingin mempelajari Markdown, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia konten online dan jurnalisme modern, bisa melihat artikel mengenai 35+ Markdown Apps for the Mac. Saya sendiri masih menggunakan TextEdit dan TextWrangler karena gratis.

Terus terang saya masih belum ngeh benar tentang konsep Markdown ini. Hanya saja, sepintas menarik dan berguna karena bisa menulis dalam format teks yang sederhana yang bisa diubah menjadi HTML.

Iklan

One Reply to “Markdown”

  1. Ping-balik: mouapp.com | munggur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s