Liburan di Jogja

Sebagai orang yang lahir dan besar di Jogja, saya sering ditanya orang tentang ‘enaknya ngapain ya liburan di Jogja?’. Disusul dengan pertanyaan serupa. Tempat yang bagus pemandangannya di mana, ya? Kuliner yang maknyus di mana saja?

Tentu saja saya bisa menjawabnya dengan mudah. Tapi selera orang beda-beda. Ada yang suka mengunjungi tempat wisata sejarah. Ada juga yang suka belanja. Atau hanya ingin ke rumah makan yang memberikan kenikmatan bagi lidah. Tak semua bisa saya jawab. Seperti misalnya, hotel yang direkomendasikan beserta harganya. Saya jelas tak tahu. Demikian juga di mana bisa sewa mobil untuk berkeliling kota.

Oleh karena itu saya selalu memberikan referensi situs-situs tentang jalan-jalan di Jogja. Biasanya saya rekomendasikan. YogYES.com. Jelas lengkap dan memang komprehensif. Bila berasal dari luar negeri, ya saya sarankan untuk mengulik Wikitravel.org. Mau yang lebih lengkap, tinggal sebut TripAdvisor.

Ada satu tambahan baru, yang baru saja saya temukan karena tak sengaja lewat di depan kantornya, yaitu LiburanJogja.com. Isinya informatif dengan pilihan tur 1, 2 atau 3 hari. Begitu juga dengan panduan wisata dan artikel menarik. Tampilan situsnya pun terlihat profesional, navigasinya mudah dimengerti, dan desainnya menarik.

Jadi bila suatu saat Anda ingin jalan-jalan di Kota Yogyakarta tercinta ini, silakan mengulik situs-situs tersebut. Semoga membantu. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kota yang menimbulkan kesan tersendiri bagi banyak orang yang pernah mengunjunginya. Monggo, Mas dan Mbak…

Tinggalkan Balasan

