Banyak Ultah di Bulan Agustus

Suatu kali saya pernah berbincang dengan rekan mengapa banyak orang yang berulangtahun pada bulan Agustus. Sesuatu yang saya dapati ketika melihat daftar ulang tahun teman-teman di Facebook yang secara mencolok banyak berjibun di bulan Agustus.

Pemikiran kami rupanya sama. Banyak orang dilahirkan pada bulan kedelapan karena begitu banyaknya para orangtua yang melakukan kegiatan reproduksi, baca berbuat intim layaknya (dan memang sebenarnya) suami istri, di bulan Desember. Pas di mana cuacanya dingin disertai hujan yang membuatnya sangat mendukung untuk terjadinya perbuatan yang menghasilkan insan-insan manusia yang terlahir di bulan Agustus.

Pun ditambah dengan fenomena yang umum terjadi bahwa bulan Desember merupakan saat favorit untuk hari pernikahan. Ada liburan panjang di pergantian tahun yang cocok untuk digunakan sebagai bulan madu. Disertai dengan gaji ke-13 atau bonus akhir tahun yang mendukung penyelenggaraan pesta pernikahan yang cukup menguras uang.

Ada tambahan teori bahwa orang-orang yang berulangtahun di bulan Agustus cenderung anak pertama. Ya, terkait dengan prokreasi yang terjadi saat bulan madu di bulan Desember tadi. Namun tak menutup kemungkinan bahwa mereka yang berulangtahun di bulan Agustus bisa jadi anak kedua atau berikutnya.

Lalu mengapa tak semua orang tak berulangtahun pada bulan Agustus saja? Ya, karena proses prokreasi tak hanya berlangsung di bulan Desember. Setiap pasangan boleh melakukannya kapan saja. Itu yang menyebabkan adanya orang-orang yang berulangtahun di bulan selain bulan Agustus. Omong-omong, bagaimana dengan Anda, ulang tahun di bulan apa?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s