Drone

Drone. Pesawat tanpa awak. Rupanya ada kegairahan dan minat yang tinggi akan pesawat yang bisa terbang sendiri tanpa atau hanya membutuhkan sedikit bantuan dari manusia. Bisa terbang dengan manuver tinggi karena tak harus mempertimbangkan resiko bila dikendarai oleh manusia yang rentan akan daya gravitasi, tingkat konsentrasi, dan kelelahan yang jelas akan mempengaruhi kemampuan menerbangkan pesawat.

Banyak yang berpikir bahwa drone bisa membantu manusia dalam kehidupan ini. Sebagai perlindungan udara dengan kapabilitas tinggi sekaligus dapat dikorbankan karena tak ada nyawa manusia yang dipertaruhkan. Sebagai alat pengintai tempat yang dilanda bencana yang sangat parah dan berbahaya bagi manusia. Transporter otomatis yang bekerja secara reguler. Dan tentunya ada banyak fungsi yang belum ditemukan faedahnya namun akan sangat membantu manusia.

Sayangnya, bila drone bisa bertindak atas dirinya sendiri bagaimana bila malah membahayakan manusia. Terutama drone yang memang dipersiapkan untuk perang atau serangan secara agresif. Semisal bila ada virus yang menjangkiti sistem berpikirnya. Mungkin juga bila sistem operasinya tak bekerja secara seperti seharusnya. Seperti yang terlihat di berbagai film tentang masa depan di mana drone malah membunuhi manusia.

Namun tak masalah apakah drone akan membantu atau malah membahayakan, manusia akan terus mencoba untuk menciptakan lebih banyak drone yang tentunya akan makin pintar dan canggih. Sebentar lagi angkasa tak hanya diisi oleh penerbangan komersial atau pesawat militer saja. Langit biru akan dipenuhi oleh drone yang bekerja dengan otonomi seperti yang sudah diprogramkan dan ditugaskan. Baik yang ukurannya besar, menengah, atau pun yang kecil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s