Belajar Coding

Menguasai bahasa pemprograman komputer menjadi salah satu obsesi kecil saya. Penasaran. Dulunya memang pernah sedikit mengulik bahasa HTML dengan level introduksi. Namun itu bertahun-tahun yang lalu. Pernah juga mendapat kesempatan untuk belajar privat tentang pengenalan programming. Pun ditambah membaca sumber referensi tentang bagaimana menulis kode-kode komputer. Hasilnya masih belum signifikan. Masih belum bisa coding.

Bila dirunut memang saya mengabaikan satu hal. Sama halnya seperti mempelajari bahasa manusia seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, bahasa pemrograman harus dilakukan secara rutin. Bila terhenti, apalagi cukup lama rentang waktunya, tentunya bahasa tersebut akan hilang seraya waktu. Harus mengulang lagi dari awal.

Jadi sepertinya memang harus meluangkan waktu untuk belajar coding dengan mempraktekkannya dengan rutin. Baik melalui buku panduan, mencari referensi di Internet, atau pun mencoba-coba sendiri. Harus memulai. Harus melatih dan menambah pengalaman coding setiap harinya. Semoga saya bisa coding meskipun harus sedikit demi sedikit.

Iklan

2 Replies to “Belajar Coding”

  1. Seperti halnya belajar bahasa manusia, kalau tidak digunakan dalam keseharian, dalam sekejap pasti terlupa.
    Cara paling efektif adalah dengan ‘terjun’ langsung ke praktek di dunia kerja. Tidak harus kerja di formal pekerjaan sekarang, tapi bisa juga jadi tutor, bikin project sendiri atau join project teman.
    Sekedar sharing.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s