Kecanduan Pinterest

Ngapain sih banyak orang menghabiskan waktu dengan membuka Pinterest? Heran saya. Bukannya hanya melihat-lihat gambar? Bedanya apa dengan melakukan pencarian gambar dari mesin pencari? Lebih praktis melihat ratusan gambar yang menarik dari mesin pencari ketimbang harus membuka Pinterest. Ditambah dengan ‘kerepotan’ ketika ingin ‘Pin’ atau ‘menyimpan’ gambar ke dalam koleksi gambar di akun Pinterest pribadi.

Saya sudah pernah mencoba Pinterest. Dulu sekali. Dan saat itu tidak tertarik. Sekarang?

Nah itu dia. Saya mencobanya sekali lagi. Sekaligus mengunduh aplikasi Pinterest di iPhone. Ternyata menarik. Ada banyak gambar yang menarik. Dan justru ‘Pin’ yang merepotkan itu malah sesuatu yang memudahkan untuk mengulik koleksi gambar yang disukai. Ditambah bisa mengikuti para pengguna Pinterest yang lain, sesuai dengan koleksi gambar yang mereka sukai. Jika Anda menyukai gambar-gambar Paris, bisa mengikuti pengguna yang mengoleksi gambar yang terkait Paris; maka akan ada pembaruan konten gambar-gambar Paris yang Anda memang sukai.

Dan karena Pinterest menampilkan gambar-gambar yang memang di-Pin oleh penggunanya maka kualitas gambarnya relatif lebih bagus ketimbang gambar-gambar yang digali dan dikumpulkan oleh robot-robot mesin pencari yang tentunya tak memiliki cita rasa visual seperti manusia. Lagipula gambar-gambar di mesin pencari tak bisa dengan mudah disimpan secara online. Bahkan bila diklik, belum tentu gambar tersebut muncul dengan sempurna karena bisa jadi hanya berkas arsip di mana gambar aslinya sudah terhapus dari server.

Intinya, Pinterest menarik karena gambar-gambarnya yang kualitasnya bagus. Gambarnya pun dapat dikoleksi. Dapat dilihat di situsnya melalui mesin perambah. Pun dapat diakses melalui ponsel pintar dan tablet. Dan yang jelas, sesuatu yang visual memang memiliki efek adiktif. Nagih! Baik gambar yang berupa foodorgasm, figur model yang sensual, atau pun pemandangan kota yang aduhai. Sungguh bikin nagih!

Disclaimer: saya bukan hendak promosi Pinterest dan hanya pengguna yang rupanya senang mengulik gambar tanpa henti.

Iklan

One Reply to “Kecanduan Pinterest”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s