Menjelajah Negeri Sendiri

Akhir-akhir ini saya memiliki keinginan untuk menjelajahi negeri sendiri. Banyak cerita dari berbagai orang mengenai kota dan tempat di tanah air membuat saya penasaran. Padahal dahulu saya tak tertarik sama sekali untuk mengetahuinya apalagi mengunjunginya. Dulu inginnya kalau jalan-jalan ya harus kota-kota di negara lain. Melihat dunia yang sama sekali lain dibanding kota dan negara sendiri.

Lambat laun, saya mulai menyimak dengan sungguh-sungguh tentang beberapa tempat di tanah air. Seperti kota Banjarmasin yang kebetulan sedang diulas di acara kuliner. Cerita pengalaman seru tentang Papua. Teman yang berasal dari Malang yang terkenal akan buah apelnya. Pun Surabaya yang katanya makanannya lezat. Pun ada gunung, lembah, dan pantai yang sepertinya menawan. Semisal Gunung Bromo. Sungguh saya belum pernah pergi ke tempat-tempat tersebut. Kecuali Bali tentunya meskipun saat itu saya masih terlalu kecil sehingga tak terlalu ingat akan keindahan Pulau Dewata tersebut.

Sepertinya saya alpa untuk menikmati apa yang ditawarkan oleh negeri sendiri. Terlalu ‘sibuk’ untuk melihat dunia. Toh, di lain sisi, banyak turis asing yang sangat ingin untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan banyak yang ingin tinggal lebih lama sehingga bisa menjelajah lebih banyak obyek wisata, belajar budaya, dan mengenal penduduk lokal.

Ada kesan bahwa ‘yang di luar negeri itu bagus-bagus’ dan ‘lebih bagus dari yang di dalam negeri’. Karena itu saya selalu tertarik untuk melihat ke luar. Bukan ke dalam. Oleh karena itu, saya jadi ingin jalan-jalan di dalam negeri. Masak turis asing lebih familiar dengan bangsa sendiri. Aneh, kan? Saya juga ingin menghimbau agar kita sebagai warna negara hendaknya rajin mempromosikan daerah masing-masing ke teman, keluarga, dan banyak orang. Dengan begitu, turisme domestik semakin meningkat. Sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme dan bisa memahami orang dari daerah lainnya.

Mari menjelajah negeri sendiri! Omong-omong, kota atau daerah apa yang ingin Anda kunjungi dalam waktu dekat ini?

Tinggalkan Balasan

