Dhaup Ageng di Yogyakarta

Boleh juga penyelenggaraan Dhaup Ageng yang barusan terjadi di Yogyakarta. Ramai. Menjadi sorotan publik dan media. Banyak warga yang senang karena ini Dhaup Ageng yang terakhir dari Sultan yang berkuasa saat ini. Maklum, semua anak perempuannya sudah sukses dinikahkan. Oleh karena KRT Hayu ini yang terakhir menikah, meskipun sebenarnya anak yang ke-empat, maka diselenggarakan lebih megah daripada biasanya. Pun dihadiri SBY, Jokowi, berbagai duta besar perwakilan negara lain, dan tamu VIP maupun yang kebanyakan. Ditambah dengan banyaknya pekerja media yang meliput penyelenggaraannya dari awal hingga akhir.

Saya tidak menghadiri langsung karena jelas akan banyak orang yang akan datang. Baik sebagai tamu atau pun berdiri di sekitar Kraton dan sekelilingnya. Hanya sesekali melihatnya dari liputan langsung di televisi. Jelas, tidak kepanasan, dan sambil santai di rumah. Ikut senang saja. Juga berharap bahwa mereka akan langgeng hingga tua nanti, dikaruniai keturunan, dan juga kesejahteraan.

Media pun memperlihatkan penuhnya hotel di Ring 1 Kraton Yogya, mobil mewah yang ramai disewa oleh tamu VIP, dan larisnya baju batik serta souvenir yang terkait Dhaup Ageng. Ada juga kesempatan melihat kereta kuta dengan kuda-kudanya yang hanya digunakan saat-saat istimewa seperti Kyai Jongwiyat. Ternyata masih bisa beroperasi dengan baik. Tak hanya semata barang pajangan mesium kereta kuno.

Dhaup Ageng memberikan sebuah warna tersendiri bagi kota yang unik ini. Bahwa pengaruh Kraton Yogyakarta dan Sultan sebagai pemimpin Yogyakarta dan kultur Jawa masih kuat. Masih diharapkan oleh warganya. Untuk Yogya yang, semoga saja, lebih maju namun tak melupakan nilai-nilai luhur tradisi dari nenek moyang.

Untuk Anda yang ingin datang atau kangen dengan Yogya, monggo datang untuk mampir sejenak ke kota ini. Monggo…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s