Maverick OS X Mantab

Bukan hendak mempromosikan sistem operasi besutan pabrikan komputer berlogo buah ini. Saya hanya ingin menyampaikan rasa salut saya atas Maverick OS X yang betul-betul menjawab kebutuhan komputasi saya. Gratis pula! Benar-benar membuat saya puas berkomputasi dengan MacBook saya.

Pasalnya, OS X seri 10.9 ini mengusung fitur-fitur yang sebelumnya sudah terdapat di iOS. Reminder, Notes, Maps, dan Calendar. Safarinya pun juga diperbarui sehingga bisa menampilkan laman Internet dengan lebih sempuran dan lebih cepat. Pun begitu, ditambah pula dengan pembaruan aplikasi iWork seperti Pages, Numbers, dan Keynote. Tak lupa pula, ada iBooks sehingga ebook bisa dibaca dengan lapang di MacBook.

Kekaguman saya juga bertambah saat proses instalasi. Proses unduh berkas instalasinya yang sebesar 5GB memang terasa menyakitkan karena harus mengunduhnya di kecepatan internet yang seadanya. Saya memerlukan waktu selama 1,5 jam untuk melakukannya. Namun proses instalasinya mudah dan hanya makan waktu sekira 30 menit. Tanpa harus repot-repot mengkonfigurasi berbagai setelan di Apple OS X Lion, instalasi berhasil tanpa merusak atau menghilangkan berkas-berkas dalam berbagai folder. Berbagai aplikasi juga masih bekerja dengan baik seperti sedia kala. Bahkan, wallpaper pun tetap sama. Catatan, meski proses instalasinya lancar, pengguna tetap harus menyimpan cadangan berkas di hard disk external atau layanan penyimpanan online.

Satu yang saya masih kurang nyaman. Yaitu aplikasi Mail bawaan dari Apple untuk MacBook tak semantab aplikasi yang sama di iPad atau iPhone. Sehingga saya masih setia memakai Foxmail dan Sparrow. Tapi rasanya masih senang-senang saja dan puas karena dilihat secara keseluruhan, Maverick OS X ini memang mantab. Gratis pula.

One more thing. Baru saja saya temukan perubahan baru yang tak saya perhatikan. OS X terbaru ini bisa menyala dan mati dalam waktu yang singkat. Lebih singkat daripada rilis OS X sebelumnya. Dan jauh lebih cepat daripada proses On dan Off sistem operasi Windows.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s