Pesawat Nirawak

Tambah satu kosakata baru hari ini. Drone, pesawat tanpa awak yang sedang ramai dibicarakan karena dapat mengudara tanpa adanya pilot yang berada di dalamnya secara langsung, memiliki padanan kata dalam kamus Bahasa Indonesia yaitu pesawat nirawak.

Pesawat nirawak muncul di berbagai media massa. Fungsinya pun bermacam-macam. Mulai dari yang dipergunakan untuk penginderaan jarak jauh, pengiriman barang, hingga pengeboman. Pesawat nirawak biasanya terbang cukup rendah sehingga menimbulkan rasa cemas, kagum, dan sekaligus penasaran. Sepintas seperti barang mainan. Padahal bukan.

Ada pesawat nirawak yang dipergunakan oleh pasukan PBB untuk mengawasi pergolakan di suatu negara di Afrika. Pesawat jenis ini pun juga dipakai tentara sekutu untuk mengamankan Afghanistan yang masih juga berkecamuk.

Selain tampil di situasi nyata, pesawat yang umumnya dikendalikan pilot dari suatu pangkalan di dalam ruangan di darat ini secara nirkabel ini juga tampil di berbagai film. Tentu dengan kemampuan terbang yang sangat jauh hasil dari imajinasi yang jauh dari kemampuan nyata di jaman sekarang ini. Drone ditampilkan sebagai robot yang bergerak secara otonomi dan mampu berpikir sendiri. Mengerikan, bukan?

Bila negara-negara manca menyebarluaskan kemampuan pesawat nirawak mereka, bagaimana dengan Indonesia? Apakah kita juga punya kapasitas untuk mengembangkan pesawat tanpa awak? Negara kita tak ketinggalan. Buktinya ada CR10 buatan Dislitbangad.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s