Menulis Tiap Hari

Untuk orang yang profesinya tidak mengharuskan memproduksi artikel atau tulisan tiap harinya, menulis itu sesuatu yang tak mudah. Banyak yang mengaku tak bisa menulis. Berpikir bahwa menulis itu suatu aktivitas yang menguras banyak pikiran dan tenaga. Pun banyak yang meragukan hasil tulisan mereka sendiri.

Berbeda dengan orang yang bekerja di media massa, agensi publik relasi, dunia pendidikan; mereka harus menulis setiap saat sebagai bagian dari pekerjaan. Suka atau tidak. Keharusan tersebut lambat-laun menjadi kebiasaan. Biasa menulis karena awalnya memang harus menulis atau memang sudah gemar menulis. Begitu dihadapkan pada kertas kosong, mesin ketik, atau komputer; mereka mampu menghasilkan tulisan.

Di lain sisi, menulis itu seharusnya menjadi suatu kebiasaan. Bukan lagi pada tataran keharusan. Menulis buku diari, mengisi jurnal sehari-hari, memproduksi catatan, atau pun refleksi kehidupan untuk pembelajaran diri sendiri. Toh, bila seseorang memiliki kebiasaan membaca boleh jadi juga memiliki kebiasaan menulis.

Banyak didapati buku atau artikel yang dibuat bukan oleh penulis. Justru oleh orang yang profesinya tidak melulu tentang menulis. Mereka menulis karena mereka biasa menulis sebagai bagian dari aktualisasi diri. Bukan karena punya cita-cita menjadi penulis. Menulis karena kebutuhan untuk menyampaikan pandangan, pemikiran, dan ide. Bukan *writing a book for the sake of making a book*.

Menulis seyogyanya menjadi kebiasaan setiap orang. Untuk mengutarakan pikiran, refleksi diri, dan juga catatan kehidupan. Bahkan seorang bijak pernah mengutarakan “setiap orang pasti mati, tetapi mereka yang meninggalkan tulisan akan dikenang dan hidup di benak banyak orang untuk waktu yang lebih lama”.

Iklan

4 Replies to “Menulis Tiap Hari”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s