Malang Kota Indah

Sebuah slogan tertulis pada bagian dinding Terminal Arjosari, Malang. Benar adanya bila Kota Malang itu indah. Indah karena beberapa faktor pendukung. Baik natural atau karena campur tangan penduduknya.

Suhu Udara Nan Sejuk

Saat memasuki kota yang terletak di lembah yang dikelilingi gunung-gunung tersebut, terasa suhu udaranya yang relatif adem. Memang sekarang tak sedingin di masa lalu tapi masih terasa sejuk. Nyaman untuk jalan-jalan dan beraktivitas di Malang. Berbeda dengan kota yang suhunya panas, suasana hati pun menjadi sejuk tatkala berjalan pagi dan sore di Malang. Pun masih ditambahi dengan banyaknya pohon-pohon tua yang menjulang tinggi di banyak jalanan utama. Suasana hijau di mana-mana.

Tata Kota yang Teratur

Malang termasuk salah satu kota di Nusantara yang ada dalam perencanaan koloni Belanda. Berbeda dengan Semarang dan Jakarta, Malang tidak mengalami peningkatan jumlah penduduk yang fenomenal. Oleh karenanya, tata kota lama masih tetap terjaga. Memang ada perubahan di banyak bagian kota. Namun masih relatif sama. Dengan jalanan tua yang terjaga dan justru mendapat perbaikan dengan penambahan trotoar untuk para pejalan kaki. Ditambah dengan minimnya jumlah penjaja makanan di tepi jalan sehingga jalannya terkesan rapi dan bersih.

Bangunan Tua Terawat dengan Baik

Ada banyak peninggalan budaya dari waktu lampau seperti gereja-gereja tua, hotel dari tempo dulu, dan bangunan tua yang direnovasi menjadi restoran yang cukup berkelas. Kondisi bangunan tua yang terawat menjadikannya objek foto yang nyaman dipotret. Banyak bagian kota yang juga masih minim iklan luar ruang sehingga pemandangan kota bisa diabadikan tanpa mengikutsertakan polusi dari iklan komersial. Alun-alunnya yang berada tepat di depan Balai Kota dan masuk dalam Lingkaran Cincin Emas juga patut dibanggakan karena terasa asri di pagi hari sekaligus berwarna-warni di waktu malam.

Baiknya Kualitas Jalanan

Sebuah kota terasa tak indah bila jalanannya jelek tak beraturan, berlubang-lubang, dan macet karena tak mampu lagi melayani trafik lalu-lintas yang melebihi kapasitasnya. Memang Kota Malang tak juga imun dari kemacetan yang umum terjadi di jalanan di tanah air. Namun kemacetannya masih di ambang wajar. Bahkan jalanan masih bisa dinikmati di pagi dan malam hari. Angkutan kota relatif mudah didapatkan. Taksi pun tersedia meski kurang banyak.

Empat faktor di atas berperan dalam membentuk Kota Malang yang indah. Nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi para wisatawan. Ditambah dengan harga makanan yang wajar dengan menu khas Jawa Timur yang bervariasi. Pun penduduknya cukup ceria, komunikatif, dan ramah. Semoga Kota Malang bisa mempertahankan apa yang tercitra dari slogannya. Malang Kota Indah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s