Jumlah Postingan Per Bulan

Beberapa orang bijak menyarankan supaya orang memiliki kebiasaan menulis tiap hari. Ada yang malah memberi kuota supaya minimal 500 kata per hari. Sepertinya tidak banyak tapi tak mudah dilakukan. Untuk saya sendiri, saya mendorong diri sendiri supaya bisa melakukan posting setidaknya satu postingan per hari. Dengan asumsi seperti itu, semestinya akan didapati 30 postingan per hari. Berhasilkah?

Saya melihat ke belakang. Mulai dari Januari 2013 hingga sekarang. Ternyata rata-rata per bulan hanya belasan postingan. Tak sampai 20 postingan kecuali di Bulan Mei 2013. Sementara bulan-bulan lainnya bisa melorot hingga di bawah 5 postingan. 

Kesimpulannya saya tak pernah mencapai target saya yaitu 30 postingan per bulan. Toh, meski tak mencapai jumlah yang saya tetapkan, saya mendapatkan setengah dari target. Not bad. Tapi juga belum bisa dianggap menggembirakan. Belum konsisten menulis secara kuantitas. Stamina blogging atau menulis kurang terjaga. Naik turun frekuensinya. Itupun terlepas dari kualitasnya.

Mungkin ada yang bertanya, memangnya penting memakai kuota untuk blogging? Santai saja dan nikmati prosesnya. Hmm. Boleh juga seperti itu. Tapi untuk menjadikan menulis sebagai kebiasaan seperti orang-orang di beberapa negara Barat, frekuensi diperlukan. Anggap saja seperti olahraga. Bila tak konsisten hasilnya juga setengah-setengah. Tak benar-benar mencapai titik maksimal. Apalagi melebihi batas maksimal. Frekuensi dan disiplin menulis perlu terjaga. 

Oleh karena itu, semoga di awal tahun 2014 ini, saya bisa terus menjaga stamina menulis sampai akhir tahun. Targetnya masih sama. Satu postingan per hari. Lebih juga malah lebih baik. Belajar pada para jurnalis dan penulis, mereka ternyata bisa hasilkan banyak tulisan yang beragam dalam satu hari. Menurut saya itu hebat. Menulis sudah seharusnya menjadi kebiasaan sehari-hari. 

 

Tinggalkan Balasan

