Siap Menghadapi Banjir

Wajar jika warga di bantaran kali terkena banjir karena memang bantaran kali berfungsi untuk menampung luapan air sungai saat meluap; bukan untuk ditinggali. Namun apa jadinya bila perumahan elit sekalipun tak bebas banjir. Berarti semua warga memang harus siap menghadapi bencana berkala yang kerap terjadi di tanah air.

Pertama. Siapkan rumah Anda sehingga bila tergenang pun bisa meminimalisasi kerugian. Pastikan benda-benda elektronik untuk berada di tingkat dua atau setidaknya diletakkan di atas lemari. Dokumen dan barang berharga disimpan di lemari deposit di bank untuk menghindarkannya hilang dan terendam. Kemudian memiliki tempat penampungan air sehingga bila tak tersedia air bersih selama beberapa hari, tetap bisa memiliki persediaan air bersih.

Kedua. Sediakan cadangan makanan yang bisa tersaji dengan cepat tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu seperti biskuit, roti, dan makanan kaleng. Biasakan untuk menyediakan minuman kemasan, obat-obatan, selimut, baju yang tahan air, beserta peralatan darurat seperti senter dan radio yang sederhana.

Ketiga. Siap sedia dengan alat transportasi pribadi untuk evakuasi bila memang tak mungkin lagi tinggal di rumah karena kondisi yang mengancam keselamatan. Barang-barang yang bisa mendukung kehidupan seperti makanan dan baju harus bisa dipindahkan dengan cepat ke dalam alat transportasi; baik itu mobil atau motor. Bila melakukan evakuasi rumah, pastikan untuk mematikan listrik dan mengunci rumah.

Keempat. Uang tunai. Bencana apapun yang terjadi, pasti membutuhkan uang saat menyelamatkan diri. ATM bisa jadi sudah tak berfungsi dan bank pun tutup untuk alasan keamanan. Uang tunai harus siap sehingga bisa digunakan kapanpun diperlukan.

Kelima. Panjatkan doa kepada Yang Maha Esa. Dengan memasrahkan diri dan meminta bantuannya, manusia justru mendapatkan kekuatan berlebih dalam menghadapi bencana. Bukan berdoa agar banjirnya tiba-tiba menghilang. Namun berharap supaya bisa mengambil keputusan dengan baik dan benar kala menghadapi aral melintang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s