The Journalist, Aplikasi untuk Menulis

Saya suka mengetik dengan laptop saya. Kebanyakan untuk menulis. Saya pun suka mencoba berbagai macam aplikasi untuk menulis. Senang saya rasakan bila sudah menemukan aplikasi menulis yang praktis. Bila memang bagus, aplikasi berbayar pasti saya beli dan instal. Namun saya cenderung mencoba-coba yang versi gratis. Toh belum pasti cocok jadi mengapa harus bayar.

Beberapa tahun yang lalu, saya selalu menulis menggunakan Microsoft Word. Maklum karena aplikasi tersebut memang andal dan terpercaya. Lagipula dulu memang saya memakai komputer berbasiskan sistem operasi Windows.

Setelah berpindah ke lain hati yaitu menggunakan MacBook, saya pun rajin menggunakan Pages. Sayangnya, Pages menurut saya kurang praktis justru karena fiturnya yang lengkap. Terlebih harus menciptakan banyak berkas dokumen setiap kali membuat tulisan di berkas yang baru.

Mungkin karena terbiasa dengan konsep menyimpan catatan singkat di Notes dari iPhone dan iPad; saya lebih menyukai menulis banyak artikel tanpa harus menyimpannya. Notes akan otomatis menyimpan setiap catatan yang kita buat. Cukup buat catatan baru atau menyunting catatan yang lama. Ditambah lagi, saya juga cukup lama memakai Evernote, baik di MacBook atau di Iphone. Tak lagi perlu memikirkan tentang berkas dokumen. Aplikasi otomatis menyimpannya.

Hanya saja kemudian saya merasa bahwa Evernote makin hari makin banyak fiturnya. Menjadi kurang ringan untuk sekedar menulis cepat. Setali tiga uang, saya juga merasa menulis di Notes sebagai aplikasi di OS X kurang nyaman untuk menulis. Jadilah saya masih mencari aplikasi yang ringan dan praktis.

Dan hati saya pun tertambat dengan aplikasi menulis gratis bernama The Journalist. Setelah mengunduh dan menginstalnya di MacBook saya, saya terus menggunakannya hingga hari ini. Ditambah lagi aplikasi ini mendukung Markdown yang membuat mengetik menjadi lebih cepat.

Saya hanya ingin berbagi tentang aplikasi untuk mereka yang suka atau punya kebiasaan menulis. Tidak ada maksud promosi. Saya hanya bisa membilang terima kasih untuk pengembang aplikasi  ini sehingga bisa lebih semangat menulis.

Tinggalkan Balasan

