Menstruasi

Pamali bagi perempuan untuk menyebut kata ‘mens’ dalam percakapan sehari-hari terutama dengan lawan jenis yang bukan suaminya. Itu kata orangtua. Berlaku di jaman mereka. Sebuah pantangan. Bila mens, ya sudah hadapi saja tanpa harus mengatakannya pada orang lain.

Berbeda dengan perempuan di jaman sekarang. Cukup mudah curhat kepada siapa saja bahwa sedang mens. Jika tidak curhat ya bisa jadi mempergunakannya sebagai alasan yang sepadan dengan ‘tidak enak badan’. Mens merupakan hal yang biasa saja. Tidak perlu pantang. Sah-sah saja disebut dalam perbincangan sehari-hari seperti halnya flu atau sakit gigi.

Sebagai seorang laki-laki, saya sebenarnya tidak apa-apa bila ada keluarga atau teman yang mengatakan dalam kondisi sedang datang bulan. “Aku baru mens nih.” Sederhana. Dengan begitu saya jadi tahu bahwa mereka sedang tidak enak badan. Bawaannya lemas dan kondisi perasaan tak terlalu nyaman. Tapi entah kenapa, tetap saja rasanya risih. Mungkin lebih enak bila diganti dengan padanan katanya. Sedang datang bulan atau frasa lainnya.

Risih karena terasa seperti para perempuan itu ‘mengumumkan’ kepada dunia siklus suburnya. Tentu dengan menghitung saat menstruasi di mana darah meluruh sampai dengan kembalinya masa subur. Yang mana sebagian besar laki-laki sebenarnya tidak peduli dengan masa menstruasi. Emang gue pikirin!

Tentu berbeda bila istri mengatakan sedang mens kepada suaminya. Yang mana berguna supaya menghindarkan hubungan seksual. Wajar juga bila perempuan mengatakannya kepada sesama perempuan sebagai curhat untuk berbagi perasaan. Yang nantinya berhubungan dengan simpati sesama perempuan. Namun untuk khalayak umum, lebih bijak dengan mengatakan bahwa sedang tidak enak badan. Praktis dan tidak membuat risih yang mendengarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s