Sapaan yang Menyehatkan

Semua orang tahu dan setuju bahwa menyapa dan disapa itu menyehatkan. Ada rasa senang yang timbul saat orang-orang sama-sama menyadari eksistensi sesamanya.

Lebih senang lagi bila sapaan itu tulus dan penuh keceriaan. Ada enerji positif di sana. Menjadi lebih istimewa bila sapaan itu menyertakan nama. Personalisasi. Bukan hanya sapaan basa-basi dan generik.

Berbeda tentunya dengan sapaan yang berniat menjual. Seperti di pusat perbelanjaan atau di jalan. Yang tujuannya memang menyapa, berkenalan, kemudian masuk ke percakapan yang menuju ke transaksi. Ada niat yang berbeda. Tak sekedar menyapa tulus tanpa agenda.

Bukan, saya tidak bermaksud mengatakan bahwa sapaan para sales itu tidak baik. Hanya saja ada bedanya dengan sapaan yang tanpa maksud tertentu.

Sapaan yang tulus bisa berbuah banyak hal yang berguna. Menjadikan relasi lebih kuat. Bahkan bisa berkembang menjadi hubungan yang lebih serius dan dalam. Semuanya berasal dari sapaan yang ringan dan spontan.

Hal yang paling disayangkan dari tindakan saling sapa adalah rendah diri banyak orang yang membuatnya malu dan sungkan untuk menyapa terlebih dahulu. Meskipun sepertinya menyapa orang lain itu sepele dan mudah. Nyatanya banyak orang yang takut bila sapaannya tidak dianggap, bisa disalahartikan, atau diacuhkan saja. Padahal belum tentu sebuah sapaan itu tidak ditanggapi. Bahkan umumnya sebuah sapaan dianggap sebagai sebuah anugerah untuk orang lain.

Sapaan itu sesuatu tindakan yang kecil. Namun efeknya besar. Untuk yang memberi sapaan maupun bagi yang menerimanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s