Long Form, Tulisan Panjang

Dengan attention span pembaca online yang kian memendek, rasanya banyak penyedia konten, blogger, dan situs-situs yang meringkas artikel-artikelnya. Semakin sedikit paparan dalam paragrafnya. Kalimat makin memendek. Pun tambah hemat kata. Tentu informasi bisa disajikan lebih cepat sekaligus memudahkan pembaca mencernanya. Tapi ada rasa yang kurang di sana…

Seperti kerupuk. Renyah tapi kurang berbobot. Gizinya kurang. Memang jumlah artikel makin banyak dan lebih sering frekuensinya. Cuma kurang isinya. Toh, sepandai-pandainya meringkas, paparan tetap diperlukan untuk menjelaskan suatu ide, menggambarkan suatu suasana, dan menyampaikan pesan yang maknanya dalam.

Rupanya ada titik balik di mana sekarang mulai lagi bermunculan artikel long form. Panjang karena memuat banyak isi di dalamnya. Mulai dari kritik sosial, pemikiran, argumentasi, dan juga pemaknaan dari sesuatu yang abstrak.

Artikel dengan bentuk yang panjang memang lebih menantang dan membutuhkan keterampilan mengolah kata yang jago. Perlu waktu untuk merenungkan, mencari referensi yang relevan, dan menyuntingnya berkali-kali. Seperti yang ada di majalah-majalah atau minimal di surat kabar di bagian tajuk rencana, analisa pakar, atau pendapat ahli.

Untuk saya pribadi, masih berusaha untuk bisa menulis artikel long form. Suatu tantangan sendiri. Maklum, selama ini saya suka menulis pendek-pendek karena mudah dibuat, tak membutuhkan waktu banyak, dan praktis. Oleh karena itu, saya suka membaca-baca artikel long form di Internet. Sayangnya, ternyata agak tidak betah membaca artikel yang panjang. Loh? Maklum, rentang perhatian saya sudah memendek…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s