Menunda Kesenangan

Siapa sih yang tak ingin senang-senang dalam hidup ini? Semua pasti ingin senang. Tak ingin susah.

Sayangnya, justru kesusahan itu yang menempa seorang individu untuk menjadi kuat. Makin banyak bersenang-senang malah bisa melemahkan semangat hidup seseorang. Aneh, kan?

Lucunya mereka yang bisa menunda untuk bersenang-senang malah bisa menikmati kesuksesan dan kesenangan yang lebih besar dibanding orang yang tak bisa menunda-nunda menikmati kesenangan. Pasalnya, orang yang bisa menunda kesenangan adalah orang yang lebih sabar, bisa mengontrol hawa nafsu, dan disiplin memperjuangkan impian mereka.

Coba bayangkan apa yang terjadi bila ada anak-anak yang bisa dan sering menonton televisi ketimbang mengerjakan pekerjaan rumah dan belajar; sedangkan di tempat lain ada anak-anak yang, suka atau tidak suka, memilih untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dan belajar lebih banyak sembari mengorbankan kesenangan sekejap saat menonton televisi.

Dalam jangka waktu dekat, anak yang bisa menonton televisi mungkin lebih senang saat ini. Lebih bebas dan tertawa melihat film dan kartun. Namun hasilnya jauh berbeda dalam jangka panjang. Anak yang lebih banyak belajar akan lebih sukses secara akademis. Bahkan mungkin akan memiliki rasa tanggungjawab yang lebih besar, lebih bijaksana dalam menyikapi prioritas, dan hidup dengan lebih teratur.

Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Tak hanya kemampuan menunda kesenangan. Namun satu faktor bisa membuat perbedaan yang besar dalam kehidupan satu insan manusia. Bila memang menunda kesenangan bisa menghantar seseorang memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan, rasanya fair enough untuk bekerja keras dan bersikap prihatin.

Benar kata pepatah lama. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s