Menikmati Film dari Beragam Medium

Perkembangan teknologi perfilman bukan hanya melulu pada kecanggihan pembuatannya saja. Seiring kemajuan jaman, cara menikmatinya pun tak lagi sama.

Dulu semua penonton film harus duduk di bioskop. Dalam gelapnya ruangan sekaligus besarnya layar, film bisa ditayangkan dengan jelas. Ditambah dengan tata suara yang menggelegar.

Kemudian film mulai bisa ditonton melalui layar kaca di rumah. Baik melalui siaran stasiun televisi yang gratis, langganan tv kabel, atau pun video rekaman. Khusus untuk rekaman film, ada dua macam. Yang pertama berbentuk kaset pita magnetik seperti VHS dan Betamax. Yang kedua yaitu keping VCD dan DVD.

Sekarang film jauh lebih mudah dinikmati. Download atau streaming Internet. Asalkan ada sambungan Internet maka film bisa diputar. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Penyedianya pun beragam. Malah ada yang menyertakan teks terjemahan dalam videonya dan tempat untuk menuliskan komentar.

Karena mediumnya melalui Intenet, film bisa dinikmati melalui beragam alat, portabel atau pun yang stationery. Dari komputer dekstop, komputer jinjing, tablet hingga ponsel pintar.

Tentu saja, ‘rasa’ nikmatnya berbeda. Dulu menonton film itu benar-benar meluangkan waktu di tempat yang spesial. Beda jauh dengan sekarang di mana film bisa ditonton di halte bis atau tempat duduk kereta api; dari layar kecil ponsel.

Toh tetap saja, bila filmnya bagus tentu asyik ditonton. Bila memang jelek ya kurang menghibur.

Masing-masing orang memiliki preferensi yang berbeda-beda untuk menikmati film. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda masih lebih suka menonton film di bioskop, di rumah, atau malah melalui ponsel Anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s