Tanpa Rasa Takut

Sebuah kutipan lebih kurang bertanya. Apa jadinya bila manusia tak punya rasa takut?

Jawabannya beragam. Tergantung dari siapa yang menjawab. Bisa positif maupun negatif.

Tak punya rasa takut bisa membuat manusia melakukan tindakan konyol. Semisal jalan seenaknya tanpa memperhatikan kanan kiri. Mencoba memakan apapun yang ada di hadapannya. Berusaha terbang dengan meloncat dari tebing curam. Bisa-bisa populasi manusia berkurang secara drastis.

Pun memiliki sedikit atau tanpa rasa takut bisa membuat orang melakukan hal yang luar biasa. Seperti Nelson Mandela yang sukses melawan politik Apartheid. Mahatma Gandhi yang membebaskan India dari Kolonial Inggris. Soekarno yang berani proklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pun begitu ribuan orang yang melakukan perbuatan yang tak semua orang berani melakukannya. Sebut saja para astronot, penyelam, peneliti di Kutub Utara, reporter perang, tentara.

Mungkin sebagai manusia mereka semua memunyai ketakutan mereka. Hanya saja mereka mampu mengatasinya. Dengan begitu mereka bisa mewujudkan visi mereka. Sama-sama manusia tetapi mereka menjadi manusia yang super. Luar biasa. Extraordinary.

Toh, para pemberani itu juga tak kebal peluru. Mereka juga makhluk yang bisa terluka dan meninggal dunia. Yang membedakan mereka dengan manusia pada umumnya adalah kemampuan mereka menghadapi hidup ini dengan tanpa rasa takut.

Bagaimana dengan kita sendiri? Masing-masing punya ketakutannya. Bila bisa menggunakan atau menghadapi ketakutan dengan baik, tentunya kita bisa menjadi manusia-manusia yang luar biasa. Mengutip ungkapan Mario Teguh. Super Sekali!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s