Kopi Rasanya Sama

Anda yang paham tentang kopi pasti akan langsung bereaksi. Otomatis akan menyanggah pernyataan di atas. Argumen pun langsung terucap.

“Kopi itu beragam rasanya sekaligus aromanya.”

Kemudian dilanjut dengan penjelasan mengenai variasi kopi, cara menyeduhnya, kopi yang orijinal, hingga sejarah kopi.

Tapi tetap saja saya merasa kopi itu sama saja rasanya. Meskipun ada tambahan gula. Krim yang mengambang di permukaan kopi. Diracik dan diseduh dengan berbagai cara. Tetap saja saya tak ngeh dengan rasa kopi.

Seyogyanya saya harus belajar dari dasar mengenai kopi dan cara menikmatinya sehingga mendapatkan esensinya. Sayangnya saya malas. Mungkin karena jarang mengopi. Saya minum kopi bila ingin saja. Bukan karena saat mengantuk atau mood. Bukan pula karena ingin bergaya dan eksis di kafe.

I drink coffee just for the sake of drinking it.

Ya, itu saya. Jadi bila ada yang mulai mengomentari kopi dengan beragam kata sifat, saya pun hanya mengangguk-angguk. Mendengarkan saja. Pun ketika seruan-seruan bermunculan. Kopinya rasanya terasa pahit. Ah, keasamannya tak pas sehingga tak balance nih rasanya. Aromanya aduhai mengundang selera sayang kurang nendang kopinya.

Terserah. Biar saja ada yang berkomentar. Bagi saya, kopi ya kopi. Panas dan rasanya… kopi!.

Baru saja sore ini saya mengunjungi Klinik Kopi di suatu wilayah Yogyakarta bagian Utara. Saya minum kopi di tempat tersebut. Saya suka kopinya. Tapi tetap saja saya merasa kopinya ya seperti kopi yang lain. Hahaha…

Maaf. Saya memang bukan penikmat kopi yang baik. Saya cuma minum kopi karena semata ingin minum kopi.

Harap maklum ya…

Tinggalkan Balasan

