Hidup Dengan Lebih Berani

Ada beda yang besar antara seseorang yang hidup dengan keberanian berbanding seorang yang dalam hidupnya selalu diliputi oleh ketakutan.

Ada berbagai macam ketakutan. Takut untuk ketinggalan. Takut untuk kehilangan. Takut untuk tak bahagia. Ada terlalu banyak ketakutan yang sebenarnya bisa membuat orang merasa ‘mati kutu’. Tak bisa bergerak. Tak bisa *moving on*.

Padahal dengan menjalani hidup penuh keberanian, banyak orang bisa melakukan banyak hal yang luar biasa. Mampu mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Pun juga kehidupan orang lain. Tak ragu-ragu menghadapi kegagalan, penolakan, penyangkalan dan *status quo*.

Untuk menjadi berani tak diperlukan formula yang rumit. Pun bukan badan besar. Juga bukan kekayaan atau kekuatan yang luar biasa besarnya. Menjadi berani mulai dari hati. Pernah dengar ungkapan *brave heart*, kan? Semuanya berasal dari dalam lubuk hati.

Yang jelas bukan dari otak karena justru otak memproses fakta-fakta yang cenderung memberikan justifikasi bagi ketakutan yang muncul. Ironis, bukan? Otak yang mampu berpikir membuat manusia menjadi takut. Maklum karena otak mengumpulkan beragam informasi dari panca indra yang akhirnya memberikan perspektif apakah sesuatu itu berbahaya atau tidak.

Menjadi berani mulai dari hati. Bila hati sudah tergerak maka hidup dengan keberanian membuat manusia naik selangkah lebih baik daripada sebelumnya. Mau dan mampu menghadapi resiko. Berjuang mati-matian untuk mencapai tujuannya.

Bagaimana dengan Anda, apakah sudah hidup dengan lebih berani? Semoga sudah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s