Hipnotis di Seantero Nusantara

Pernah lihat adegan hipnotis yang dilakukan di layar kaca? Lucu dan mengundang tawa. Mungkin juga *gokil*. Banyak yang penasaran. *Kok* sepertinya mudah menghipnotis orang? Entah *gimana* caranya? Acara seperti itu laris manis.

Di luar layar kaca, praktek hipnotis pun ada banyak di sekeliling kita. Pasti pernah mendengar tentang ‘transfer uang via atm’ untuk membayar pajak hadiah yang mana korbannya dihipnotis melalui telepon. Fenomena ‘mama minta pulsa’ yang entah bagaimana sehingga pulsa, sadar atau tidak, bisa diberikan ke nomer ponsel yang tak dikenal. Selain itu ada juga hipnotis tepuk pundak atau tangan yang berujung pada hilangnya uang dan barang. Bahkan tak tanggung-tanggung, ada juga yang hilang keperawanan.

*Nah*, sekarang ini ada hipnotis jenis lain. Rupanya para calon legislatif yang sering disingkat caleg rajin menyebar visi misi lewat kata-kata yang intelek melalui banyak media, online dan offline. Selebaran di mana-mana. Spanduk yang besar-besar. Mencoba ‘menghipnotis’ sekian banyak massa untuk percaya pada gambar orang dan nomor tertentu pada saat hari coblosan. Kalau perlu sebanyak-banyaknya. Bila banyak yang kurang terhipnotis, cara pintas pun muncul. Menyebar sembako dan membagi-bagi lembaran uang.

Kita lihat siapa caleg dan partai yang paling banyak meraup perhatian massa beberapa bulan ke depan. Suara-suara manis yang berbuih, dengan tampilan figur publik yang populer, dengan atau tanpa rencana pembangunan yang matang. Yang bisa menghipnotis paling banyak, punya hak dan kekuatan untuk mengarahkan jalannya roda pembangunan.

Semoga saja, banyak pemilih yang makin pandai untuk memutuskan tindakannya. Tak sekedar memilih karena ‘terhipnotis’ janji muluk-muluk yang seringkali kosong melompong.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s