Situs Indah yang Menyebalkan

Semua orang umumnya senang bila membuka situs yang tampak indah dan berfungsi dengan baik. Terutama bila bisa dibuka dengan cepat.

Sebaliknya banyak orang akan merasa jengkel bila situs yang mereka buka tersebut membingungkan. Apalagi bila perlu waktu lama untuk membukanya dengan sempurna. *Lemot*. Kemudian dipenuhi oleh banyak iklan yang mengganggu dan harus diklik untuk menghilangkannya.

Lebih baik tidak usah tampil terlalu indah. Asalkan bisa berfungsi dengan baik dan lancar, itu sudah cukup. Namun *ya* namanya juga selera. Banyak situs yang muncul dengan berbagai dekorasi yang menawan. Pun ada maskot dan ikon yang lucu-lucu. Belum lagi gambar-gambar yang besar dan menyedot perhatian.

Sayangnya situs-situs indah tadi harus diakses dengan kesabaran yang tinggi para pengunjungnya. Bahkan dengan teknologi Internet yang makin canggih pun, koneksi Internet pun sering *up and down*. Kadang cepat. Kadang lambat. Kadang hilang sama sekali.

Padahal bila situs diciptakan dengan kesadaran bahwa koneksi Internet masih *ndangdut*, tentunya pembuat situs akan menyadari apa yang seharusnya ditambahkan dan banyak hal yang harusnya dihilangkan.

Perusahaan Internet kelas dunia paham dengan itu. Contohnya Google dan Facebook. Layanan mereka menjangkau banyak orang, baik pengguna di negara maju yang bisa *ngenet* secepat kilat atau pengguna dari negeri yang fakir *bandwitdh*.

Situs mereka boleh dibilang lebih menekankan sisi fungsional daripada keindahan. Maklum karena keindahan itu harus dibayar mahal dengan kesabaran yang tinggi; yang mana orang-orang sekarang jarang yang bisa sabar di tengah kehidupan yang katanya berjalan makin cepat. Padahal dua perusahaan itu sudah menggelontorkan sekian banyak uang untuk membangun sentral data yang paling modern dengan teknologi komputasi paling terkini.

Bagaimana dengan situs-situs yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi yang tak canggih-canggih amat dengan kekuatan finansial model gotong-royong? Harusnya sadar diri dan memperbaiki situs mereka agar lebih fungsional daripada memakai terlalu banyak *make-up* yang tak perlu.

Situs yang indah tapi menyebalkan itu sudah bukan jamannya lagi. Kecepatan dan mudah digunakan merupakan tuntutan netizen di jaman sekarang. Indah *sih* boleh-boleh saja asalkan tak lagi membuat jengkel pengunjungnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s