Dokumentasi Perjalanan

Pernah saya merasa heran mengapa banyak orang bisa membagikan pengalaman jalan-jalan mereka di media massa baik online maupun offline dengan baik. Lengkap dengan daftar perjalanan, fakta yang detil, dengan foto-tfoto yang menawan. Juga tak lupa hal kecil yang menarik dan sesekali lucu. Disampaikan dengan bahasa yang enak dibaca. Informasinya bisa diserap sekaligus dinikmati.

Ternyata para penjelajah itu memang biasa membuat dokumentasi perjalanan mereka. Sudah menjadi kebiasaan. Dengan memakai buku, menyimpan tiket atau brosur yang didapatkan di tempat, juga tak lupa menyimpan gambar-gambar dari kamera yang dibawa. Kebiasaan yang sebenarnya umum namun banyak orang yang malas melakukannya.

Dengan berkembangnya jaman, dokumentasi perjalanan pun dilakukan agak berbeda oleh generasi sekarang. Mereka lebih suka langsung membagikan pengalaman perjalanan mereka langsung dari tempat tujuan mereka melalui layanan Internet dari ponsel pintar mereka. Baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan layanan serupa. Langsung saat itu juga. Lagipula mereka juga ingin mendapat respon seketika itu juga; baik dalam bentuk jumlah Jempol di Facebook, *follow* di Instagram, atau kicauan balik di Twitter.

Sebuah pertanyaan muncul. Apa gunanya dokumentasi perjalanan?

Ada yang menggunakan sebatas untuk menyimpan kenangan dengan lebih baik. *Toh*, suatu perjalanan itu biasanya hal yang ingin dikenang karena menyenangkan.

Ada yang inign membuat buku dengan tema perjalanan. Sedang *ngetrend* saat ini. Tak cuma mereka yang malang melintang ke mana-mana. Yang masih muda dan baru saja mendatangi satu atau dua tempat pun ada yang sudah bisa membuat buku.

Pun ada juga yang mau tak mau harus membuat dokumentasi perjalanan karena itu bagian dari pekerjaannya. Semisal reporter atau surveyor.

Kadang memang tak terlihat langsung guna dari dokumentasi perjalanan. Namun siapa tahu, di masa depan, dokumentasi dari perjalanan-perjalanan tersebut bisa digunakan dan menguntungkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s