Kekuatan Mental

Orang bijak bilang kalau orang yang kuat mentalnya itu bisa merealisasikan impiannya. Sebesar apapun impian mereka. Dengan mental yang kuat, seseorang bisa mengendalikan pikiran dan tubuh untuk mengerjakan banyak hal hari demi hari.

Coba amati orang-orang yang sukses di sekitar kita. Mentalnya lebih kuat di atas rata-rata orang. Jelas mereka kelihatan lebih berani, lebih matang, lebih dewasa. Padahal sepertinya latar belakang biasa saja. Badan juga tak lebih sehat. Tapi kekuatan mental mereka membuat mereka memiliki kekuatan yang berlebih. Lebih mantab!

Dalam berbagai pemberitaan, buku-buku biografi, sejarah; kita juga mengenal orang-orang yang mentalnya kuat dan memberikan kontribusi yang besar terhadap dunia. Mari kita lihat tokoh-tokoh berikut.

Mahatma Gandhi yang kurus kering dengan pakaian sangat sederhana mampu memimpin sekian banyak orang untuk *long march* menentang penjajahan kolonial Inggris Raya. Hasilnya luar biasa. India merdeka dengan relatif damai dengan korban jiwa yang minimal. Coba bila perlawanan dilakukan dengan perang frontal nan terbuka. Pasti akan banyak yang tewas dari kedua belah pihak.

Bill Gates yang juga kurus kering bisa bekerja terus-menerus tanpa henti untuk membangun kerajaan perangkat lunaknya, Microsoft. Hampir semua orang di dunia menggunakan *software* dan *operating system* yang diciptakannya. Meski kini tak lagi menjabat sebagai CEO Microsoft, beliau masih terus aktif memperjuangkan pemberantasan Polio dan pengadaan toilet di banyak negara berkembang.

Helen Keller malah lebih dramatis lagi. Lahir dengan banyak cacat tubuh, beliau tak menyerah. Justru kekurangannya membuatnya lebih bersemangat membantu sesamanya yang kurang beruntung. Meskipun kondisinya tak begitu bagus, banyak terobosan beliau hadirkan untuk mendukung difable (dulu sering disebut sebagai orang cacat) untuk hidup mandiri dan hidup lebih bermakna.

Ketiganya bukan orang yang memiliki kekayaan pada awalnya. Tak pula memiliki tubuh super kuat seperti Arnold The Governator yang memainkan tokoh Terminator. Mereka orang yang biasa saja. Bahkan memiliki banyak kekurangan.

Namun mereka punya mental yang kuat. Yang mereka kembangkan sedikit demi sedikit sehingga mereka mampu melakukan tindakan yang berguna bagi banyak orang.

Lalu bagaimana dengan orang yang merasa mentalnya lemah?

Mungkin bisa dimulai dengan refleksi diri. Apa saja kekurangan diri. Namun lebih penting menyadari apa kelebihan saya dan apa yang bisa saya lakukan untuk diri saya dan orang lain.

Bisa ditambah dengan mempelajari orang-orang yang sudah berhasil. Bahkan kalau memiliki kesempatan, ada baiknya bertemu langsung dan berbincang-bincang dengan orang yang memiliki mental kuat. Pembelajaran langsung biasanya lebih efektif.

Dengan menambah kekuatan mental sedikit lebih kuat saja, seseorang bisa mengubah nasibnya. Dari hidup yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s