Pawai Motor Kampanye Parpol

Meskipun sudah tak lagi jamannya, pawai menggunakan kendaraan bermotor untuk melakukan kampanye oleh beberapa partai politik untuk menggalang massa rupanya masih ada.

Tak seperti dulu lagi yang melibatkan ratusan motor dan puluhan mobil. Bahkan dulu pun tak jarang ditemui truk dan bis untuk mengangkut massa pendukung yang jumlahnya teramat banyak.

Mungkin saat ini masyarakat lebih sadar. Mungkin pula karena harga bahan bakar yang tidak semurah dulu. Lagipula banyak penduduk pendukung partai politik yang sibuk bekerja.

Semoga ke depannya, pawai motor dalam masa kampanye menjadi lebih sedikit. Kampanye harusnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih simpatik, edukatif, intelek. Tak perlu lagi membuat keributan di jalanan, kemacetan karena harus menutup jalan, hingga mendatangkan tawuran dan friksi sosial yang tak perlu.

Pawai motor sudah kuno. Pakai saja Internet, televisi, media massa. Lagipula sekarang ini sebagian masyarakat sudah makin pandai menilai calon legislatif. Tak mudah dibohongi; dengan iming-iming janji politik, *saweran* lembaran uang, bagi-bagi sembako. Yang jelas tidak lagi modern meski masih cukup efektif untuk meraup dukungan semu dan perolehan coblosan yang palsu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s